Tingkatkan Kompetensi Guru PAI, Kemenag Gelar Workshop

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Guna meningkatkan kompetensi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) se-Kabupaten Tuban, Kementrian Agama (Kemenag) Tuban mengagendakan workshop pengembangan pembelajaran dan penilaian pelajaran PAI, Senin (14/3/2016).

Berangkat dari pengalaman di lapangan, terkait proses belajar mengajar yang monoton dan terkesan jenuh. Maka perlu adanya pelatihan guna menciptakan iklim belajar yang interaktif. Yakni dengan meningkatkan kreativitas dan inovasi dari pendidik, untuk menyalurkan ilmu kepada peserta didik.

"Kegiatan pelatihan ini diberikan kepada 60 guru PAI di lingkungan Kemenag Kabupaten Tuban. Untuk pelaksanaannya dipecah menjadi empat tingkatan. Dimana setiap tingkatan mendapat pelatihan selama dua hari," kata staff Jabatan Fungsional Umum (JFU) Penyusun Bahan Lembaga Seleksi Pais, Nur Alam.

Untuk itu, lanjut Nur Alam, selama pelatihan berlangsung, selain diberikan materi juga dibuka sesi diskusi. Dimana antara guru dan pemateri saling bertukar pikiran mengenai praktik belajar mengajar ketika di lapangan.

"Dikusi yang dilakukan lebih menyerupai mikroteaching. Dimana antar peserta saling mendiskusikan terkait rumusan dan analisa metode belajar mengajar," kata Nur Alam menambahkan.

Seperti diketahui, dasar dilaksanakannya kegiatan ini mengacu dari beberap peraturan dan perundang-undangan. Diantaranya, UU no 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, permendikbud no 53 tahun 2015 tentang standart penilaian, DIPA kantor Kemenag tahun 2016, Permendikbud no 14 tahun 2007 dan 104 tahun 2014 tentang standar proses. [dwi/rom]