80 persen, Warga Margorejo Perajin Batik Gedog

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Sekitar 80 persen warga desa margorejo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban merupakan perajin Batik Tulis Gedog, Rabu (17/2/2016).

Hal itu dikarenakan selain warganya mayoritas petani, mereka yang merupakan kaum hawa juga memiliki rutinitas keterampilan membatik dan menenun di rumah dan di tempat-tempat tertentu.

Kepala Desa (Kades) Margorejo Junaedi mengatakan, kurang lebih 80 persen warga Margorejo merupakan perajin batik, mulai dari anak-anak Sekolah Dasar (SD) hingga 50 tahun warga Desa Margorejo produktif dalam membatik.

"Membatik merupakan kegiatan sampingan selain bertani, namun bisa dikatakan sebagai rutinitas para warga Desa Margorejo," terang Kades kepada blokTuban.com.

Desa yang mempunyai tiga dusun yakni Dusun Gendong, Dusun Dukoh, Dusun Joran tersebut, ada sekitar 20 orang yang merupakan pengusaha batik.

Salah satu perajin Batik Tulis Gedog, Duriyati (40) mengaku mempunyai keterampilan membatik sejak lama. Bahkan, rumah Duriyati sudah sekitar lima tahun dipakai untuk tempat membuat Batik Gedog.

"Kalau di rumah saya ini kurang lebih baru lima tahun. Kalau untuk membatik, mewarnai dan menjemur ada kurang lebih ada enam perajin," ujar Duriyati. [hud/col]