Ondokan, Cara Unik Pemuda Margomulyo Isi Waktu Sore

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Para pemuda Desa Margomulyo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban mempunyai cara unik untuk mengisi waktu sore hari, mereka pergi ke tempat yang lapang untuk melatih burung dara mereka.  Saat ini pencinta burung dara mulai meluas, di kalangan para pemuda seperti halnya yang dilakukan oleh pemuda yang berada di Desa Margomulyo tersebut.

Saat kita lewat jalan raya Kerek-Tambakboyo pada sore hari kita akan menjumpai oleh para pemuda yang melakukan Ondokan (latihan balap burung dara). Salah satu pemilik burung dara, Romi (29) mengatakan, hal ini dilakukan untuk hiburan atau mengisi waktu sore hari, setelah seharian bekerja.

"Setiap sore hari pasti, biasanya pada hari Sabtu dan Minggu ramai," ujarnya kepada blokTuban.com.

Untuk sepasang burung dara memiliki harga yang bervariasi mulai dari Rp200.000 hingga Rp500.000. Apabila ada lomba burung dara dan meraih juara harga burung tersebut sangat mahal.

Peserta Ondokan yang lain Dedi (24) mengaku saat ini dirinya mulai ikut menggemari balap burung dara, selain itu dia juga berternak burung dara di rumahnya.

"Selain melatih burung dara ini, di rumah saya juga ternak meski baru sedikit," ungkap Dedi saat ditemui di tempat Ondokan. [hud]