Gotong Royong, Warga Sugiharjo Normalisasi Sungai

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Warga Desa Sugiharjo, Kecamatan/Kabupaten Tuban, melakukan gotong royong dengan membersihkan saluran sungai yang melintas di desa setempat.

Pantauan blokTuban.com, warga terlihat kompak masuk ke sungai. Mereka membersihkan segala jenis benda. Mulai dari sampah, batang pohon yang hanyut, sampai akar bambu yang menghalangi aliran air di sungai. Benda-benda ini, tampaknya terbawa arus air yang berasal dari kawasan Desa Jadi, Kecamatan Semanding.

Ketika curah hujan di area hulu lebat, hampir dipastikan sungai di tempat ini meluap. Sungai tidak mampu menampung volume air, terlebih ketika dibarengi dengan intensitas hujan yang tinggi.

"Kalau hujan sungai sering meluap, ini merupakan salah satu cara kami untuk mencegah banjir," jelas Kepala Desa Sugiharjo, Karso, kepada blokTuban.com, Rabu (17/2/2016).

Karso mengatakan, bersih sungai di mulai dari Bendungan Sukun (nama bendungan desa ini), sampai beberapa titik sungai lain yang perlu dibersihkan. Pekerjaan ini, merupakan bagian dari upaya normalisasi saluran air agar desa terhindar dari banjir.

"Ini merupakan agenda rutin di desa kami. Gotong royong di Desa Sugiharjo sampai sekarang memang masih sangat melekat di tengah masyarakat," jelasnya. [pur/ col]