Debit Air Turun, Warga Cari Pasir di Sungai Talangkembar

Usai Derasnya Arus, Sungai Dimanfaatkan Warga Ambil Pasir

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Para warga Desa Talangkembar, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban mencari pasir di sungai desa setempat yang debit airnya sempat meningkat beberapa waktu lalu dan saat ini airnya telah surut, Jumat (12/2/2016).

Surutnya air sungai dimanfaatkan warga untuk mencari pasir pasir putih yang ada di dasar sungai. Hal ini menjadi mata pencaharian tambahan bagi warga, apalagi debit air Bengawan Solo masih tinggi sehingga para penambang tidak memperoleh hasil pasir yang maksimal.

Salah satu pencari pasir Yasin (46) mengatakan, setelah beberapa hari lalu sungai di debit air di Desa Talangkembar cukup tinggi dan sekarang sudah mulai surut. Karena itu para warga sekitar melakukan pencarian pasir untuk dijual.

"Saat ini para pembeli kebanyakan memilih pasir putih, selain harganya murah kuatnya juga nggak kalah sama yang pasir hitam," terang Yasin kepada blokTuban.com.

Pencari pasir yang lain Tamit (49) menambahkan, tingginya debit air di Bengawan Solo tak ayal membuat pasokan pasir hitam telat. Oleh karena itu saat ini pembeli lebih banyak yang memilih pasir putih.

"Untuk pasir putih ini harganya lebih murah, untuk satu coltnya hanya Rp100.000," ungkap Tamit.

Untuk membeli pasir, para pembeli diharapkan untuk memesan dulu, dan setelah ada pasokan tinggal mengambil di pinggir Jalan Raya Desa Talangkembar. [hud/col]