Berempati Dengan Bersih-Bersih Sampah

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Sejumlah karyawan PT Pos Indonesia cabang Tuban, yang identik berseragam oranye berbaur dengan petugas kebersihan berseragam kuning, guna membersihkan sampah di sepanjang Jalan Sunan Bonang, Jum'at (12/2/2016).

Pagi ini, kantor pos yang terletak di Jalan Sunan Bonang no 8 ini menggelar kegiatan bersih-bersih jalan. Kegiatan membersihkan jalan diawali dari depan rumah Dinas Wakil Bupati Tuban, hingga depan kantor Pemerintahan Daerah. Segenap karyawan bergotong royong membersihkan dan mengakut sampah.

Beberapa orang sibuk menyapu, mengangkat dan mengangkut sampah. Setiap orang memegang alat kebersihan masing-masing yang dibawanya dari rumah.

"Program ini datang dari edaran direksi. Dalam rangka menjalankan program Pos Indonesia bergerak 2016," ungkap Kepala Kantor Pos Indonesia Cabang Tuban, Sauji.

Membersihkan sampah, lanjut Sauji, yakni berempati terhadap lingkungan dengan bertindak langsung, merupakan salah satu implementasi dari program tersebut. Tidak hanya empati dari mulut, akan tertapi makna bergerak dalam program tersebut, yaitu memiliki tindakan riil.

Dibantu dua petugas tenaga kerbersihan, berbagai sampah diangkut, dari sampah plastik, daun kering hingga limbah batok kelapa. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin, yang mana diadakan tiap satu bulan sekali.

"Selama ini kantor pos belum akrab di semua kalangan masyarakat. Sehingga ke depan dapat membantu masyarakat. Tadi kami sempat memberi cindera mata atau bingkisan untuk petugas kebersihan," tutup Sauji. [dwi/rom]