Ungkap Syukur, Nelayan Ajak Keluarga Melaut

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Nelayan Desa Kradenan, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, mempunyai cara tersendiri mengungkapkan rasa syukur. Khusus hari ini, mereka sengaja mengajak keluarga dan handai taulan untuk berlayar di laut utara.

Pantauan reporter blokTuban.com Sabtu (14/11/2015), selain nelayan, pantai barat Desa Kradenan dipenuhi perempuan dan anak-anak. Ibu dan anak-anak yang sudah berdandan rapi langsung menuju ke perahu yang telah disiapkan suami di bibir pantai.

"Kita sengaja mengajak keluarga untuk naik perahu supaya ikut bersyukur atas hasil laut yang sudah kita dapat selama ini," kata Ketua Panitia Sedekah Laut, Jupri (48) kepada blokTuban.com.

Selain keluarga, nelayan juga mengajak kenalan atau teman-teman dekat. Agar sedekah laut bisa semakin semarak dan menjadi daya tarik wisata kedepannya. "Seperti itu, sambil menunjuk kumpulan orang, ada tamu dari Kabupaten Ngawi yang tertarik dan ikut naik perahu," jelasnya.

Setelah semua naik, tidak kurang dari 72 perahu lengkap dengan bendera aneka warna melakukan pawai di laut. Mereka beriringan berlayar menuju ke timur sampai Desa Karangagung, Kecamatan Palang dan kembali ke barat menuju pantai kelapa, Desa Panyuran, Kecamatan Palang. Setelah rute ini, mereka kembali ke tempat pemberangkatan awal, yaitu di pantai Desa Kradenan yang wilayahnya berada di poros tengah Kecamatan Palang.

Pelaksana Jabatan (Pj) Kepala Desa (Kades) Kradenan, Hariyono, menjelaskan sedekah laut di desa ini diadakan setiap bulan November. Hal itu sambil menunggu kondisi laut dalam keadaan tenang, karena mereka membawa keluarga dan teman dekat di pawai ini.

"Sedekah laut ini diadakan di Kradenan Timur dan Kradenan Barat. Kedepan kita coba akan gabungkan saja biar acara lebih besar," tambah Hariyono.

Selain pawai laut, mereka juga menggelar doa bersama, pengajian umum, dan hiburan musik yang dipusatkan di pantai desa setempat. [pur/mad]