RSUD Diduga Pulangkan Pasien Miskin

Reporter : Edy Purnomo

blokTuban.com - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr R Koesma Tuban, diduga memulangkan pasien miskin yang belum sembuh dari perawatan. Kejadian ini dialami Misbahul Munir (24), warga RT 02 RW 02 Kelurahan Sendangharjo, Kecamatan Kota Tuban.

"Kondisinya ya masih seperti ini, badannya masih lemas," kata orang tua pasien, Nurhayati (50), kepada reporter blokTuban.com, Sabtu (14/11/2015).

Pasien ini diketahui menderita sakit sejak dua minggu terakhir. Munir saat itu terpaksa dibawa orang tuanya ke rumah sakit pada Minggu (8/11/2015) malam lalu. Namun, karena tidak punya biaya lagi, Nurhayati kemudian mengurus Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM).

Surat yang diurus di kelurahan, lanjut Nurhayati, baru bisa dipakai pada hari Selasa (10/11/2015) lalu. Akan tetapi, baru satu hari yakni  Rabu (10/11/2015) kemudian dia disuruh pulang. Saat itu, petugas RSUD mengatakan kalau kamar yang dipergunakan untuk gantian dengan pasien lain. Juga anaknya dinyatakan sudah sembuh. "Tapi badannya masih lemes seperti ini," kata janda tiga anak ini menjelaskan.

Misbahul Munir sekarang masih tinggal menumpang sekeluarga di rumah salah satu saudara Ibunya. Dia tampak masih kesulitan bergerak, dan terbaring lemah di kasur lantai yang sudah kusam.

Terpisah, Direktur RSUD Dr R Koesma Tuban, Dr Zainul Arifin, menjelaskan pasien saat itu pulang karena sudah sembuh. Selain itu tidak ada istilah dokter atau perawat yang memulangkan pasien tersebut.

"Hasil dokter saat itu pasien sudah sembuh, tidak ada kata-kata dari perawat yang mengatakan kamarnya akan dibuat gantian dengan pasien yang lain," kata Zainul. [pur/ito]