Rumah Kasno Ludes Dilalap Api

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Rumah milik Kasno (48) warga Dusun Paluan, Desa Tuwiri Wetan, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, ludes terbakar, Jumat (13/11/2015). Kejadian berlangsung cepat, sehingga hammpir seluruh bangunan rata dengan tanah.

Dugaan sementara, kebakaran terjadi karena hubungan arus pendek listrik. Api mendadak muncul dan menjalar dari salah satu sudut ruangan. Kemudian menyebar ke bangunan lain yang sebagian besar terbuat dari kayu beratapkan asbes.

"Kejadian berlangsung sekitar pukul 10.00 WIB," kata Kapolsek Merakurak, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Benu Hamzah, kepada blokTuban.com, Jumat (13/11/2015).

Warga yang melihat kejadian tersebut langsung berusaha melakukan pemadaman. Namun, sebagian besar bangunan sudah terlanjur terbakar karena terbatasnya peralatan yang dipergunakan.

"Api baru padam setelah sebagian besar bangunan terbakar," jelas Benu.

Cepatnya kejadian ini, membuat Pasukan Mencegah Kebakaran (PMK) tidak sempat melakukan pemadaman, karena api sudah mati. Tetapi untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, petugas berusaha melokalisir area dengan menyemprot puing sisa bangunan yang terbakar.

"Selain lokalisir, petugas juga akan membantu keluarga untuk evakuasi," terang Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban, Joko Ludiyono, melalui ponselnya. [pur/mad]