Jokowi: TPPI Beroperasi Penuh Akhir Tahun

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi)menargetkan kilang minyak PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) bisa beroperasi penuh di akhir tahun 2015 ini. Kilang di Desa Remen, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, sekarang baru beroperasi sekitar 70 persen, terhitung dioperasikan kembali pada 7 Oktober 2015 lalu.

“Akhir tahun kita tergetkan bisa beroperasi penuh 100 persen,” kata Presiden Jokowi kepada media di area PT TPPI, Rabu (11/11/2015).

Apabila dioperasikan secara penuh, kilang minyak ini bisa mengolah minyak mentah menjadi premium sampai 100.000 Barel Per Hari (BPH). Tetapi, sekarang baru bisa mengolah 70.000 BPH, atau sekitar 70% dari total kemampuan produksi.

Beroperasinya PT TPPI, diklaim bisa menekan angka impor premium sampai 19%, serta bisa menekan impor solar hingga 11%. “Akan banyak anggaran yang kita hemat, bisa dialokasikan untuk kebutuhan lain,” terang mantan Walikota Solo itu.

Di TPPI, Jokowi datang didampingi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas) I.G.N, Wiratmaja dan Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina, Dwi Soetjipto.

Jokowi ke luar dari area PT TPPI sekitar pukul 12.30 WIB, kemudian melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Gresik dengan menempuh jalur darat. Di sepanjang jalan, selain warga yang berjubel juga tampak pengamanan ekstra ketat dari kepolisian dan TNI. Terutama di jalan yang dilintasi orang nomor satu di negeri ini. [pur/ito]