Skip to main content

Category : Suara Pembaca & Citizen Jurnalism


Berpuisi di Hari Kartini

Pagi yang cerah itu semakin meriah, saat alunan musik dimainkan musik band Veramos. Band dari sekolah SMK Manbail Futuh. Pentas band ini membuat suasana sekolahan semakin ramai, menjelang lomba puisi dalam rangka peringatan hari Kartini.   

Buku, Teman Ngabuburitku

Sore ini begitu ramai, puluhan anak kecil berbaju muslim berbondong-bondong datang ke Balai Desa Kaliuntu, tempat kami menggelar acara Ngabuburit Membaca dan Bercerita. Mereka baru saja selesai mengaji di TPQ. Mereka segera meyerbu tumpukan buku yang kami tata di meja panjang.   

Cara Asyik Ngabuburit di SDN Remen 1

Biasanya nunggu waktu buka puasa ngapain ya ? Jangan bilang cuma tidur-tiduran nunggu bedug  tiba! Emang sih, nungguin bedug tiba sambil tiduran itu asyik. Namun, ada yang lebih asyik lagi, yakni sambil baca buku.  

ISBAT Gotong-Royong bersama Warga Bagi 1000 Ta’jil

Tanggal 1 Juni tanggal yang keramat bagi bangsa Indonesia, ya, tanggal ini secara nasional diperingati sebagai Hari Lahirnya Pancasila. Pada tanggal ini pula komunitas Informasi Seputar Bangilan Tuban (ISBAT) mengadakan kegiatan berbagi 1.000 (seribu) ta’jil yang dipusatkan di jalan raya depan Kantor Kecamatan Bangilan.

Blok Buku

Cinta adalah Pilihan

Subhan Hariri, lahir di Kota Santri, Situbondo, 13 Desember 1975. Pendidikan  ditempuh dengan normal hingga perguruan tinggi. Pernah nyantri di Pondok Pesantren Probolinggo, Jawa Timur. Serta pernah aktif mendirikan LSM Alif dan pernah bertugas sebagai konselor ketika masih mengabdi di lembaga pendidikan, serta pengalaman lain yang menghiasi perjalanan hidupnya.

Ribuan Calon Pendekar PSHT Menerima Sabuk Baru

Sebanyak 1,615 siswa Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) se-Cabang Tuban, Minggu (8/4/2018) di kawasan Mangrove Center, Desa Jenu, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban menerima kenaikan sabuk dari jambon ke hijau dan dari hijau ke putih. Kegiatan ini berbeda dari biasannya, karena selain pimpinan pusat datang untuk sosialisasi hasil Parapatan Luhur tahun 2017, juga dihadiri pimpinan daerah Tuban.

Berikut, Destinasi Wisata Goa di Bumi Ronggolawe

Menilik Rubrik Khazanah Tuban di edisi 55 Majalah Aluswah. Penulis menuliskan tentang artikel yang berjudul “Beragam Julukan Kota Tuban”, dalam edisi ini akan membahas tentang destinasi panorama alam goa yang ada di bumi Ranggalawe ini. Apa saja tujuan wisata alam tersebut? Berikut ulasannya.

Posko Menangkan Pancasila Gelar Aksi Parade Damai

Puluhan mahasiswa dan masyarakat yang tergabung dalam Posko Menangkan Pancasila Kabupaten Tuban melakukan aksi parade yang bersamaan dengan Car Free Day (CFD) di Tuban, Minggu (25/03/2018).

Blok Buku

Writer vs Editor

<div>Kisah cinta segitiga diangkat oleh Sang Penulis, Ria N Badaria dalam novelnya Writer Vs Editor. Cover yang menarik membuat novel terbitan tahun 2015 ini memiliki kelebihan tersendiri dari segi tampilan desain sampul. Hal itu pula yang membuat saya tertarik membeli saat buku setebal 312 itu tersusun rapi di rak pilih buku Gramedia.&nbsp;</div> <div>&nbsp;</div>

Bangilan Tuban, Kota Kelahiran Abah Hasyim Muzadi

Bangilan adalah sebuah kota kecamatan yang berada di Kabupaten Tuban. &nbsp;Mungkin tidak semua orang mengenal dan tahu kota di mana Abah Hasyim Muzadi, seorang tokoh nasional bahkan internasional dilahirkan