Skip to main content

Category : Religi, Sastra & Budaya


Parade Bedug, Tumbuhkan Rasa Cinta Budaya Daerah

Guna menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya, Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Tuban, untuk pertama kalinya menyelenggarakan Parade Bedug di Alun-alun Kabupaten Tuban.

Usai Lebaran, Manasik Haji Masal dan di KUA Baru Digelar

Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Kantor Tuban, Umi Kulsum mengatakan dua rangakaian manasik haji akan di laksanakan usai lebaran. Diharapkan calon jemaah haji (CJH) bisa memanfaatkan momen di waktu yang sangat singkat tersebut. 

IQ Terus Menurun Sejak 1970, Ada Apa?

Tahukah Anda istilah “Efek Flynn”? Istilah ini merujuk pada hasil penelitian James Flynn yang menemukan adanya peningkatan nilai IQ sebanyak tiga poin per dekade pada abad ke-20.

Gringsing, Tradisi Tahunan Warga Pesisir

Tradisi Gringsing, merupakan tradisi turun-temurun tahunan yang hingga saat ini masih dilakukan oleh sebagian warga pesisir di Kabupaten Tuban menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Tertutup Awan, Hilal 1 Syawal Gagal Terlihat di Banyuurip

Tim Rukyatul Hilal dari Badan Hisab Rukyat (BHR) Kabupaten Tuban gagal melihat hilal yang menandakan 1 Syawal 1439 H / 2018 M. Dari atas pemantau hilal di puncak Banyuurip, Kecamatan Senori tersebut, hilal tertutup awan tebal.

Kajian Kitab Klasik Idhotun Nasyi'in

Kebahagiaan 

Orang-orang ahli pikir agaknya tidak pernah berpendapat tentang tafsir atau interpretasi suatu persoalan, sebagaimana mereka berbeda pendapat tentang tafsir kata bahagia.   

Cerita dari Pesantren

Menggoda Putri Mbah Kiai

Bukan Zaid namanya kalau tidak usil dan berani menyerempet-rempet bahaya. Tokoh santri kita ini memang selalu membuat ulah untuk menggoda orang lain. Bahkan, putri Mbah Kiai nya sendiri tak luput dan keisengannya.  

Kajian Kitab Klasik Idhotun Nasyi’in

Kedermawanan 

Harta kekayaan seperti halnya kekuasaan. Keduanya itu berfungsi sebagai pelayan bagi manusia di saat manusia terdesak oleh kebutuhan.