Gebyar Shalawat: Sinergi Warga Bandungrejo Meriahkan Tasyakuran Kemerdekaan

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Tasyakuran kemedekaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI) dirayakan oleh segenap masyarakat. Tak terkecuali pula oleh warga di lingkungan Desa Bandungrejo, Kecamatan Plumpang yang mengisi perayaan kemerdekaan dengan acara gebyar sholawat, Jumat (16/08/2024)

Jalanan kampung nan kecil di lingkungan RT/RW 05/02 Desa Bandungrejo begitu meriah dengan riuh sholawat di malam tasyakuran kemerdekaan. Momen ini menjadi bukti dan sinergi, pemuda bersama warga solid merakayakan peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 RI.

"Agendanya pemuda, kami orang tua mendukung. Asalkan pemuda semangat dan solid, warga bisa guyub rukun," ujar KH. Saifuddin Yulianto, tokoh agama desa setempat.

Dalam merayakan kemerdekaan, sambung laki-laki yang juga menjabat Kepala MAN 1 Bojonegoro itu, 
tasyakuran menjadi bagian dari rangkaian acara, yang sebelumnya dilakukan doa bersama untuk mengingat jasa para syuhada, para mujahid fii sabilillah yang telah memberikan kesempatan untuk menghirup kemerdekaan generasi hari ini.

"Kita hanya sedikit berbekal modal merayakan kemerdekaan. Kita sholawatan, itu wujud bahagia, rasa syukur kita yang masih pada koridor jihad fii lillah dalam rangka menegakkan ajaran Rasulullah Muhammad dan agama Allah SWT," jelasnya lagi.

Ketua panitia gebyar sholawat, Khitam kepada blokTuban.com menerangkan bahwa agenda pemuda bersama warga di RT 05 dan 03 ini berkolaborasi dengan mahasiswa KKN asal Kampus Universitas Al Hikmah Indonesia (UAI) Tuban.

"Ini kali pertama mengadakan gebyar sholawat di tasyakuran kemerdekaan. Alhamdulillah lancar, ada teman-teman mahasiswa KKN yang bantu. Semoga dengan gotong royong ini desa kita bisa lebih baik ke depannya," harap Khitam.

Ratusan warga sekitar RT 05 dan 03, mulai dari anak-anak, ibu-ibu, juga remaja, berbaur jadi satu dalam lantunan sholawat. Sejumlah kuis dan challenge berhadiah langsung dari Buya Luqman Zazali beserta Ustad Zainal Abidin yang sebagai pengisi acara gebyar sholawat, menambah kemeriahan malam itu. Acara diselingi dengan pemberian hadiah lomba, yang sebelumnya diadakan oleh pemuda dan mahasiswa KKN di desa setempat.

"Selain mengajar pelajaran di sekolah maupun madrasah, mengadakan bimbel (bimbingan belajar) kita juga membantu agenda lingkungan di desa ini. Banyak lomba diadakan yang pesertanya dari anak-anak dan ibu-ibu. Semoga bisa saling bersinergi dengan masyarakat untuk program kerja yang kita buat di sini," kata Natul Nur Cahyani, Mahasiswa KKN UAI Tuban.

Kegiatan kolaboratif tersebut mendapat apresiasi dari Pemerintah Desa (Pemdes) Bandungrejo. Kepala Desa (Kades) Bandungrejo, Slamet berkesempatan hadir di tengah warga pada acara gebyar sholawat mengucapkan terimakasih atas partisipasi masyarakat dalam mendukung pemerintahan desa selama ini. 

"Saya mewakili pemerintah desa memberikan apresiasi, pemuda dan warga punya inisiatif untuk memeriahkan agenda kemerdekaan dengan gebyar sholawat seperti ini. Terus kompak, rukun, dan harmonis untuk mencapai tujuan, cita-cita, dan harapan menjadikan Bandungrejo lebih baik," papar Kades Bandungrejo. [Feb/Rul].