Kapan Tanggal Diharamkan Berpuasa Selama Hari Tasyrik 2024

Oleh: Dwi Rahayu 

blokTuban.com - Terdapat tiga hari setelah Hari Raya Idul Adha, yaitu tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah yang dalam kalender Hijriyah disebut sebagai hari Tasyrik.

Pada hari ini umat sebagian umat Islam melanjutkan penyembelihan hewan kurban bagi yang belum sempat pada hari pertama Idul Adha.

Maka dari itu pada hari tasyrik ini umat Islam dilarang berpuasa. Syekh Zainuddin Al-Malibari dalam kitabnya yang terkenal Fathul Mu’in menyebutkan keharaman puasa pada hari tasyrik.

 تتمة: يحرم الصوم في أيام التشريق والعيدين 

Artinya, “Pelengkap: puasa pada hari tasyrik dan dua hari raya id haram,” (Syekh Zainuddin Al-Malibari, Fathul Mu‘in pada Hasyiyah I‘anatut Thalibin, [Daru Ihyail Kutubil Arabiyah/Isa Al-Babi Al-Halabi: tanpa tahun], juz II, halaman 273).

Dalam hadits riwayat Imam Muslim juga disebutkan, Hari Tasyrik ini sebagai hari makan dan minum. 

عَنْ نُبَيْشَةَ الْهُذَلِيِّ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيَّامُ التَّشْرِيقِ أَيَّامُ أَكْلٍ وَشُرْبٍ وَزَادَ فِي رواية وَذِكْرٍ لِلَّهِ 

Artinya: Dari Nubaisyah Al-Hudzali, ia berkata, Rasulullah saw bersabda, “Hari Tasyrik adalah hari makan, minum (pada riwayat lain), dan hari zikir” (HR Muslim). 

Dilansir dari NU Online, ulama berbeda pendapat terkait jumlah Hari Tasyrik. Sebagian ulama berpendapat, Hari Tasyrik terdiri atas dua hari. Sebagian ulama lainnya mengatakan, Hari Tasyrik terdiri atas tiga hari. 

وأيام التشريق ثلاثة بعد يوم النحر سميت بذلك لتشريق الناس لحوم الأضاحى فيها وهو تقديدها ونشرها في الشمس 

Artinya: Hari Tasyrik adalah sebutan bagi tiga hari (11, 12, 13 Dzulhijjah) setelah hari nahar (10 Dzulhijjah). Tiga hari itu dinamai demikian karena orang-orang menjemur daging kurban di waktu tersebut, yaitu mendendeng dan menghampar daging pada terik matahari (Al-Imam An-Nawawi, Al-Minhaj, Syarah Shahih Muslim Ibnil Hajjaj, [Kairo, Darul Hadits: 2001 M/1422 H], juz IV, halaman 273). 

Lantas kapan hari Tasyrik pada Idul Adha 1445 H atau 2024? Diketahui umat Muslim telah merayakan Idul Adha 1445 H, hari ini Senin, 17 Juni 2024. 

Dilansir laman Kanwil Kemenag NTB, hari Tasyrik adalah 3 hari setelah Idul Adha, yakni pada tanggal 11, 12 dan 13 Dzulhijjah. Artinya hari Tasyrik 1445 H jatuh pada Selasa 18 Juni 2024, Rabu 19 Juni 2024, dan Kamis 20 Juli 2024

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS