Kemenangan Dramatis, Indonesia Tundukkan Malaysia di Gelora Bung Tomo

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Kegembiraan tak terbendung dirasakan oleh para pemain Garuda Nusantara setelah memastikan diri melaju ke babak final ASEAN U-19 Boys Championship 2024. 

Kemenangan tipis 1-0 atas Malaysia dalam partai semifinal di Stadion Gelora Bung Tomo menjadi momen bersejarah bagi tim asuhan Indra Sjafri.

Gol tunggal yang menentukan kemenangan Indonesia dicetak oleh Muhammad Alfharezzi Buffon pada menit ke-78. Usai pertandingan, pelatih kepala Indra Sjafri mengungkapkan rasa syukurnya. 

"Saya bersyukur kita bisa ke final. Pemain bekerja keras selama 2x45 menit. Malaysia bukan lawan yang mudah, tapi kami bisa menyelesaikan dengan baik. Ini merupakan final kedua saya di Jawa Timur, semoga Jawa Timur menjadi kota yang baik untuk saya," ujarnya dalam konferensi pers.

Indra menambahkan bahwa kemenangan ini adalah hasil kerja keras seluruh pemain. Dari menit pertama hingga menit ke-90, pemain bermain dengan komitmen. 

Baca Juga: 

Persaingan Ketat dalam Kapolres Cup 2024: 24 Tim Open dan 20 Tim U19 Siap Bertanding

Sebelum pertandingan, ada strategi yang harus mereka ikuti. Kami memulai dengan formasi 3-5-2, lalu mengubahnya berdasarkan situasi di lapangan, yang akhirnya membuat Malaysia tertinggal 1-0. Respon kami terhadap permainan Malaysia berjalan dengan baik. 

Lebih lanjut, Indra menyatakan bahwa timnya terus berkembang di setiap laga dan optimis meraih hasil positif di final melawan Thailand. 

"Tim ini masih berproses sejak persiapan mulai Desember 2023. Kami diberi target lolos dari Kualifikasi Piala Asia U-20 2025, jadi Piala AFF U-19 2024 ini adalah target sementara. Saya senang melihat perkembangan pemain," tambahnya.

Senada dengan Indra, Welber Jardim juga merasakan kebahagiaan yang sama. 

"Perasaan saya sangat bagus untuk mencapai final. Kami bekerja keras dan semua teman-teman fokus dalam latihan. Sekarang kami harus konsentrasi dan fokus untuk laga final, dan kami akan menjadi juara," katanya.

Pada laga final nanti, Indonesia akan berhadapan dengan Thailand pada hari Senin (29/7). Thailand memastikan tiket ke final setelah menang 1-0 atas Australia. 

Kick off laga final akan berlangsung pukul 19.30 WIB, sementara Australia akan melawan Malaysia untuk perebutan tempat ketiga pada pukul 15.00 WIB di tempat yang sama. [Ali/Rof]