Jemaah Haji Dihimbau Waspadai Cuaca Ekstrem di Makkah Saat Umrah Wajib

Reporter : Dwi Rahayu 

blokTuban.com - Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daerah Kerja (Daker) Makkah memberikan imbauan kepada jemaah haji untuk melaksanakan umrah wajib pada pukul 22.00 WAS atau 09.00 WAS. 

Kepala Daker Makkah Khalilurrahman menjelaskan bahwa imbauan ini bertujuan menjaga kesehatan jemaah dan mengurangi kepadatan di Masjidil Haram. 

"Kami menganjurkan jemaah yang tiba di hotel Makkah antara pukul 06.00 dan 17.00 WAS untuk melaksanakan umrah wajib pada pukul 22.00 WAS," kata Khalilurrahman di Makkah, Senin (27/5/2024).

Sementara itu, jemaah yang tiba di hotel antara pukul 18.00 dan 05.00 WAS diimbau melaksanakan umrah wajib pada pukul 09.00 WAS. "Imbauan ini kami sampaikan demi kesehatan jemaah dan menghindari kepadatan di Masjidil Haram," tegas Khalil.

Dengan jadwal ini, jemaah diharapkan memiliki cukup waktu untuk istirahat sebelum melaksanakan umrah wajib. 

"Setidaknya ada waktu istirahat empat hingga lima jam setelah tiba di Makkah. Tidak perlu terburu-buru, pastikan kondisi tubuh fit dan siap untuk ibadah," ujar Khalil.

Pemilihan waktu tersebut juga bertujuan menghindari cuaca terik di Makkah.

"Siang hari di Makkah suhu bisa mencapai 42 hingga 43 derajat Celsius, lebih ekstrem dibanding cuaca di Indonesia. Bahkan saat puncak haji, diperkirakan suhu mencapai 50 derajat Celsius," jelas Khalil.

Khalil berharap imbauan ini dijadikan pedoman oleh petugas dan jemaah haji Indonesia.

"Keselamatan jemaah adalah prioritas kita bersama," tandasnya. [Dwi/Ali]