Pengkab IPSI Tuban Resmi Dikukuhkan, Ini Visi Misinya

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Sugeng Widodo, secara resmi dilantik menjadi ketua umum Pengurus Kabupaten (Pengkab) Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Tuban. Pelantikan dilakukan oleh Wakil Ketua II Pengurus Provinsi (Pengprov) IPSI Jawa Timur (Jatim), Yoyok Setiawan.

 

Sugeng akan menjadi nahkoda IPSI Tuban periode 2023-2027. Pelantikan bersama jajaran Pengkab IPSI Tuban berlangsung di ruang paripurna  DPRD Tuban,  Minggu (28/4/2024).

 

Setelah dipercaya dan terpilih secara aklamasi, dirinya beserta jajaran akan komitmen menjalankan visi misi organisasi yaitu, solid, kondusif, dan berprestasi. Pengkab IPSI Tuban periode ini akan menguatkan organisasi secara kepengurusan maupun secara kinerja.

 

"Karena kami menganggap tiga komponen itu (solid, kondusif, dan berprestasi, red)  sebagai komponen penguat dan penggerak IPSI Kabupaten Tuban," ujar Sugeng usai dilantik.

 

Jika dunia persilatan kondusif, lanjut Sugeng, IPSI betul-betul memiliki gairah untuk bisa berprestasi. Sebab, dengan situasi yang seperti itu IPSI bisa bergerak dengan baik dan meraih kejuaraan untuk mengahrumkan Tuban.

 

"Saya melihat kondusifitasnya dunia persilatan Tuban sudah di atas rata-rata dibanding kabupaten atau kota lain di Jatim, maka kami harus mempertahankan dan meningkatkannya," imbuhnya.

 

 

Sementara untuk mejaga perguruan silat di Tuban agar tetap solid, maka Sugeng akan menggandeng semua perguruan silat untuk meningkatkan kualitas latihan, pembinaan anggotanya maupun kinerja pengurus. Dirinya juga akan membawa IPSI Tuban ke arah membangun hubungan harmonis antar internal, IPSI dengan perguruan, IPSI dengan masyarakat dan IPSI dengan stakeholder.

 

"Supaya nanti IPSI Tuban ini dirasakan sebagai bentuk organisasi yang memang miliknya rakyat dan memiliki nilai manfaat yang bisa dirasakan langsung," tegasnya.

 

Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua II Pengprov IPSI Jatim, Yoyok Setiawan berpesan agar Pengkab IPSI Tuban mampu merawat IPSI di Tingkat Kecamatan. Sebab tidak semua kabupaten di Jatim memiliki kepengurusan IPSI Kecamatan. 

 

"Ujung tombak untuk menyatukan nafas IPSI Kabupaten ya IPSI kecamatan tersebut. Maka jangan pernah bermimpi soal prestasi kalau di tingkat kecamatan tidak kondusif dan tidak bersatu," kata Yoyok dengan tegas.

 

Untuk itu, Yoyok berharap anggota IPSI Tuban menurunkan ego masing-masing demi sebuah prestasi. Para pelatih IPSI Tuban juga diminta agar mempersiapkan bibit-bibit atlet pencak silat untuk menghadapi ajang kejuaraan di semua tingkatan.

 

Yoyok juga menitipkan IPSI Tuban kepada TNI/Polri agar dibina dan dididik. Sebab insan di tubuh IPSI berasal dari berbagai macam latar belakang.

 

"Saya titip kepada jajaran TNI/Polri semoga tidak lelah untuk memimpin adik-adik kita, saudara-saudara kita, karena di IPSI itu banyak macamnya. Saya berharap TNI/Polri sabar membimbingnya," pungkas Yoyok.[rof]