Pasca Gempa Magnitudo M6.5, Bupati Tuban: Bantuan Sudah Dikucurkan

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Pasca terjadinya gempa di Timur Laut Tuban dengan Magnitudo 6.0 hingga 6.5 SR pada Jumat (22/3/2024) lalu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban memberikan sejumlah bantuan kepada masyarakat terdampak. 

Pasalnya, akibat dari bencana tersebut menyebabkan beberapa bangunan di Kabupaten Tuban mengalami kerusakan hingga ambruk. 

Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky menjelaskan dari peninjauan yang telah dilakukan petugas di lokasi, terdapat beberapa bangunan yang memang sudah tidak difungsikan dan pondasinya tidak kuat. 

"Untuk rumah warga memang kontruksinya memang tidak memungkinkan, tapi alhamdulillah tidak ada korban jiwa," terangnya, Selasa (26/3/2024). 

Setelah kejadian ini, lanjutnya, beberapa pihak juga telah mengucurkan bantuan kepada masyarakat yang terdampak gempa tersebut. Oleh karena itu, ia mengapresiasi langkah yang diambil oleh personel BPBD Tuban. 

Menurut pria yang akrab disapa Lindra tersebut, ada beberapa bantuan yang diberikan kepada warga terdampak, baik berupa sembako maupun tempat tinggal sementara. 

"Untuk dana perbaikan kalau dari segi aturan pasti ada, selama ini BPBD sudah banyak menangani rumah-rumah yang terdampak oleh bencana dan anggarannya juga masih ready," pungkasnya. [Sav/Ali]