Inilah Wasit dan Asisten Wasit yang Lolos Tes Seleksi Kursus Penilai PSSI

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Sebanyak enam orang yang terdiri dari empat wasit dan dua asisten wasit, lolos tes seleksi dan kursus untuk menjadi penilai wasit PSSI yang sudah berlangsung dari kemarin.

Mereka ini disaring dari 20 peserta lain yang kemarin juga turut mengikuti kegiatan ini.

Kegiatan ini dipimpin oleh Instruktur Wasit FIFA Mohamad Rodzali yang secara khusus diundang oleh PSSI untuk memberikan materi dam didampingi oleh Jimmy Napitupulu, Purwanto dan Agus Haryono.

Tes penerimaan calon penilai wasit ini terbagai menjadi dua, tes teknologi informasi dan tes law of the game.

"Alhamdulillah saya bisa mendapatkan banyak ilmu lagi langsung dari Instruktur Wasit FIFA. Kegiatan ini sangat bermanfaat, terutama bagi saya pribadi, untuk langkah karir saya berikutnya. Semoga saya bisa menyerap banyak ilmunya dan mempergunakannya kelak nanti apabila tidak lagi bertugas sebagai wasit, melainkan tugas baru sebagai penilai wasit," kata Oky Dwi Putra, salah satu peserta dalam keterangan resmi dikutip blokTuban.com dari PSSI, Minggu (18/2/2024). 

Keenam orang ini akan terus mengikuti kegiatan hingga 17 Februari 2024. Mereka juga nantinya akan bergabung dengan wasit dan asisten wasit lainnya pada 22-25 Februari 2024.

Selain itu pada 26-29 Februari 2024 ada kegiatan akhir serupa juga untuk implementasi sistem pada kegiatan ini. Dibagi menjadi dua gelombang (untuk tanggal 22-25 Februari dan 26-29 Februari 2024) karena jumlah peserta nantinya kurang lebih 30 orang, agar lebih efektif.

Ada yang istimewa juga saat kegiatan ini berlangsung. Di antaranya PSSI akan menggunakan teknologi informasi yang juga digunakan di Liga Primer Inggris.

Wasit dan Asisten Wasit yang Lulus Seleksi dan Kursus Penilai Wasit PSSI:

1. Muhammad Khisfan (Wasit) - Bengkulu

2. Fariq Hitaba (Wasit) - D.I Yogyakarta

3. Maslah Ihsan (Asisten Wasit) - Sumatera Utara

4. Juhandri Setiana (Wasit) - DKI Jakarta

5. Oky Dwi Putra Senjaya (Wasit) - Jawa Barat

6. Aries Papuling (Asisten Wasit) - Maluku Utara.