Waspada Gejala Awal Gula Darah Naik, Perhatikan Hal Sekecil Apapun

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Gula darah tinggi (hiperglikemia) atau diabetes dapat menunjukkan gejala yang bervariasi, meskipun beberapa orang mungkin tidak mengalami gejala apapun pada awalnya. 

Oleh karena itu, hendaknya setiap orang, baik Anda yang memiliki diabetes, prediabetes, maupun yang masih merasa sehat sekalipun, mengenali dengan baik seperti apa gejala-gejala gula darah tinggi.

Berikut adalah beberapa gejala awal yang mungkin muncul ketika gula darah mulai naik:

1. Sering Merasa Haus (Polidipsia)

Peningkatan kadar gula darah dapat menyebabkan dehidrasi, yang dapat membuat Anda merasa haus terus-menerus.

2. Sering Buang Air Kecil (Poliuria)

Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan tubuh mengeluarkan lebih banyak air, sehingga seseorang mungkin sering buang air kecil.

3.Sering Merasa Lapar (Polifagia)

Meskipun kadar gula darah tinggi, tubuh mungkin kesulitan menggunakan glukosa sebagai sumber energi, sehingga Anda merasa lapar terus-menerus.

4. Penurunan Berat Badan Yang Tidak Dijelaskan

Meskipun mungkin sering merasa lapar dan makan lebih banyak, beberapa orang dengan diabetes tipe 1 atau diabetes tipe 2 dapat mengalami penurunan berat badan yang tidak dijelaskan.

5. Kelelahan

Kadar gula darah yang tinggi dapat membuat Anda merasa lelah atau lemah.

6. Gatal-Gatal dan Infeksi Kulit

Diabetes dapat menyebabkan gangguan pada sistem kekebalan tubuh, yang dapat meningkatkan risiko infeksi. Selain itu, gula darah tinggi dapat menyebabkan gatal-gatal, terutama di daerah genital.

7. Penglihatan Kabur

Fluktuasi kadar gula darah dapat mempengaruhi lensa mata, menyebabkan masalah penglihatan sementara.

8. Luka yang Sulit Sembuh

Kadar gula darah yang tinggi dapat mempengaruhi kemampuan tubuh untuk menyembuhkan luka dan memperlambat proses penyembuhan.

Penting untuk diingat bahwa gejala-gejala ini mungkin tidak selalu terkait langsung dengan diabetes, dan beberapa orang dengan diabetes mungkin tidak mengalami gejala apapun. 

Jika Anda mengalami gejala-gejala ini atau memiliki faktor risiko diabetes, sebaiknya konsultasikan dengan profesional kesehatan untuk evaluasi lebih lanjut dan tes darah. Diabetes yang dideteksi lebih awal dapat dikelola lebih baik dengan perubahan gaya hidup dan pengobatan yang sesuai.

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS