Perkuat Kemitraan Magang, Dosen UTM Monev di Kantor blokTuban

Reporter : Dwi Rahayu N.

blokTuban.com - Kantor berita blokTuban.com di Jalan Pramuka II No.19, Kelurahan Sidorejo, Kecamatan/Kabupaten Tuban menerima kunjungan kerja dosen pembimbing magang dari Universitas Trunojoyo Madura (UTM), Jumat (6/10/2023).

Dosen pembimbing yang bertugas monitoring dan evaluasi (monev) area Tuban adalah Dr. Sri Wahyuningsih, S.Sos, Msi dan diterima langsung oleh Managing Editor (Redaktur Pelaksana) blokTuban, Ali Imron.

Dr. Ningsih mengucapkan terimakasih kepada PT Blok Tuban Promosindo karena memberikan kesempatan kepada mahasiswa UTM magang. Tercatat, kemitraan magang antara UTM dan blokTuban sudah berjalan sejak tahun 2022.

"Kami harapkan kemitraan ini terus terjalin, karena pengalaman magang di blokTuban luar biasa. Anak-anak kami dapat mengimplementasikan ilmu di lapangan dan bertemu banyak orang," tutur Dr. Ningsih sapaan akrabnya.

Dia berpesan kepada anak-anaknya untuk tetap serius saat di lapangan. Setiap arahan dan bimbingan kerja jurnalistik harus diperhatikan dan dilaksanakan.

Karakteristik Madura dan Tuban berbeda. Oleh karena itu, jaga nama baik kampus UTM dan nikmati setiap proses magang selama 4 bulan ini.

Managing Editor blokTuban, Ali Imron menyampaikan evaluasi tiga mahasiswa UTM yang magang hampir 2 bulan terakhir. Secara umum ketiganya gigih, meskipun di beberapa titik desa belum diterima dan tidak mendapatkan data yang diinginkan.

"Tantangan menjadi seorang reporter yakni bagaimana cara menyakinkan narasumber agar enak diajak ngobrol dan terbuka mindsetnya," sambung Ali.

Apabila dalam sebuah kesempatan belum diterima, maka itu sudah jadi bagian proses pembelajaran. Hal tersebut wajar terjadi, dan solusinya dengan mengubah rencana sasaran desa.

Selama hampir dua bulan ini, Ali menambahkan bahwa ketiga mahasiswa UTM diminta fokus untuk mengulik sejarah desa. Sebab, data asal usul desa tidak pernah lekang oleh waktu.

"Kapanpun hasil liputan mahasiswa UTM dibaca enak, dan tidak basi di tengah derasnya isu kekinian," jelasnya.

Hasil magang dari ketiga mahasiswa UTM hampir dua bulan terakhir menghasilkan lebih dari 25 berita dan video per orang. Produk jurnalistik tersebut selain diunggah di website blokTuban.com juga diupload di sosial media blokTuban seperti Youtube, IG, Facebook, X, dan Tik Tok. [Dwi/Ali]