Sambut Kunjungan Gus Imin ke Tuban, Area Jalan Sunan Bonang Disterilkan dari R4

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Rencana kunjungan Calon Wakil Presiden Republik Indonesia (Cawapres RI) Muhaimin Iskandar atau Gus Imin di Kabupaten Tuban untuk berziarah ke Makam Sunan Bonang, membuat sejumlah kebijakan dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban. 

Salah satunya dengan mensterilkan area di Jalan Sunan Bonang dari Kendaraan Roda 4. Sebagai gantinya, kendaraan Roda 4 yang biasa parkir di area tersebut, akan dialihkan ke Parkir Wisata Pantai Boom Tuban, yang berada tak jauh dari tempat itu. 

Hal ini, diungkapkan langsung oleh Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (DLHP) Kabupaten Tuban, Yuli Imam Isdarmawan. Menurutnya, meski terdapat upaya pensterilan di kawasan tersebut, becak yang biasa mangkal di Depan Museum Kambang Putih masih beraktivitas seperti biasa. 

"Untuk becak depan Museum Kambang Putih tetap aktivitas seperti biasa mbak, yang disiapkan adalah area Jalan Sunan Bonang nya mbak, untuk parkir R4 nya akan kita alihkan ke Boom," ungkapnya kepada blokTuban.com, Jumat (8/9/2023). 

Sebagai upaya pengaman sendiri, lanjut Imam sapaan akrabnya, pihaknya juga bekersama dengan Satlantas Polres Tuban, petugas dari Satpol PP dan Damkar Kabupaten Tuban, serta personil juru parkir yang berada di sekitar Alun-alun Kota Tuban. 

Sementara saat disinggung apakah akan ada pengalihan arus lalu lintas, Imam mengaku jika hal tersebut akan dilakukan secara kondisional, pada saat rombongan Gus Imin sampai ke lokasi. 

"Kami membantu dengan menurunkan personel sebanyak 6 orang, untuk sementara ini pengalihan arus lalu lintas dilakukan secara situasional, nanti kalo rombongan datang masuk ke lokasi, untuk menghindari penumpukan lalu lintas di Jl Sunan Bonang," katanya. 

Lebih lanjut, Imam juga menambahkan jika pengalihan parkir untuk kendaraan roda 4 tersebut, diberlakukan sejak pukul 07.00 Wib. 

Senada, KBO Satlantas Polres Tuban, IPTU Sampir Santoso mengatakan jika tidak ada pengalihan arus lalu lintas, namun pihaknya akan menerjunkan sebanyak 12 personel untuk melakukan pengamanan. 

"Tidak ada pengalihan arus dan kamu menerjunkan 12 personel, untuk pengamanan yang dilakukan di sekitar lokasi saja mbak," imbuhnya. [Sav/Dwi] 

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS