Dipasang di 2 Titik di Kabupaten Tuban, Kamera Etle Statis Belum Bisa Beroperasi Langsung

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Pemasangan Kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) statis seharga Rp3 miliar akan selesai pada bulan ini, namun apakah kamera ini bisa langsung difungsikan?

ETLE sendiri adalah sebuah alat berupa kamera, yang digunakan untuk meng capture sebuah objek yang melakukan sebuah pelanggaran lalu lintas di jalan. Dan saat ini di Kabupaten Tuban ada dua titik yang menjadi lokasi pemasangan ETLE statis . 

Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (DLHP) Tuban Imam Isdarmawan mengatakan jika dua tempat yang nantinya akan dipasangi ETLE statis yaitu berada di pertigaan Tuban Abirama/Rest Area dan juga perempatan patung Letda Sucipto. 

"Kita pasang dua titik yaitu di Patung Letda Sucipto dan Rest Area," ujar Imam Isdarmawan. 

Pemilihan dua tempat tersebut lantaran dalam  pengoperasiannya, ETLE membutuhkan jaringan internet stabil melalui jaringan fiber optic, maka dipilihlah dua lokasi tersebut. 

Selain itu juga pemilihan dua lokasi tersebut sudah direncanakan bersama dengan Satlantas Polres Tuban sejak 2019 silam, guna  mendukung sebagai lokasi kawasan tertib lalu lintas dalam Kota Tuban. 

Lebih lanjut Imam mengatakan jika akhir Agustus ini pemasangan di lapangan akan selesai, dan diperkirakan pada Bulan September sudah bisa difungsikan.

"Tugas kami memasang, untuk operasional dari kepolisian karena terkait identifikasi ranmor," katanya.

Namun berbeda dengan Imam, Kanit Turjawali Polres Tuban, Ipda Kistelya Patayama Ray menuturkan jika pada awal Bulan September ini kemungkinan ETLE statis masih belum bisa dioperasikan. 

"Belum kok, servernya aja belum dirangkai," ujar Ipda Kistelya Patayama Ray. 

Lebih lanjut Kistel menjelaskan jika nantinya ETLE statis ini sistemnya juga sama dengan ETLE mobil yang sudah beroperasi sejak tahun 2022.

Sebagai informasi tambahan dari website Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kabupaten Tuban, untuk pengadaan dan pemasangan ETLE   Pemerintah Kabupaten Tuban memasang pagu Rp3.085.940.000  dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2023 dan pemenang tender ini adalah Lasbon Technology Indonesia dari Surabaya.[Nur/Dwi]

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS