Diduga Sengaja Dibakar, Rumpun Bambu di Desa Panyuran Tuban Hangus Dilalap Api

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Barongan atau rumpun bambu yang berada di RT 002, RW 003 Dusun Keduruan, Desa Panyuran, Kabupaten Tuban hangus dilalap si jago merah sekira pukul 09.07 Wib. 

Kepala Satpol PP dan Pemadam Kebarakan (Damkar) Kabupaten Tuban, Gunadi mengatakan setelah pihaknya mendapatkan laporan adanya kebakaran tersebut, Tim Damkar Tuban langsung turun ke lokasi guna melakukan pemadaman. 

"Obyek yang terbakar adalah barongan bambu, kamu menerima laporan pukul 09.07 Wib dan tiba di lokasi pukul 09.21 Wib," katanya kepada blokTuban.com, Rabu (23/8/2023). 

Adapun luas area lahan yang terbakar dalam kejadian ini, lanjutnya, yaitu pohon bambu yang berada di pinggir lahan pertanian sepanjang 100 meter, dengan luas lahan kurang lebih sekitar 1000 meter persegi. 

Untuk memadamkan kobaran api tersebut, maka Damkar Tuban mengerahkan dua unit mobil Damkar dan juga mobil tangki suplay. Dengan mengerahkan delapan petugas Damkar dari pos Mako Tuban. 

"Kami mengerahkan delapan petugas Damkar dan dua personil dari BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Tuban," jelasnya. 

Setelah kurang lebih 20 menit bergelut dengan panasnya kobaran api, akhirnya Tim Damkar dan BPBD Tuban berhasil memadamkan lebaran tersebut, tepat pukul 10.48.  Dimana, diperkirakan ada 10 titik api yang bersumber pada satu  titik. 

Selain itu, Gunadi juga menambahkan jika kebakaran terhadap barongan bambu tersebut, diduga Sengaja dibakar oleh orang yang tidak bertanggung jawab, yang menyebabkan api semakin meluas dan kebakaran tak bisa dihindarkan. 

"Setelah selesai dan dinyatakan kondusif, petugas meninggalkan lokasi sekitar pukul 10.55 Wib setelah memastikan lokasi aman. Tidak ada kerugian dan korban jiwa dalam peristiwa ini," imbuhnya. [Sav/Dwi] 

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS