5 Rekomendasi Tempat Wisata Sekitar Makam Sunan Bonang Tuban

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Saat berkunjung ke Kabupaten Tuban, untuk memperingati Haul Sunan Bonang yang ke-514 tahun tidak afdhol rasanya jika tidak mampir ke destinasi wisata lain.

Sebab, selain menarik dan unik, harga yang ditawarkan di setiap wisata juga sangat terjangkau. Penasaran apa saja wisata yang ada di Kabupaten Tuban, yuk simak lebih lanjut.

1. Wisata Pantai Boom

Wisata Pantai Boom Tuban merupakan wisata yang terletak di Kelurahan Kutorejo, Kecamatan/Kabupaten Tuban, tepatnya di sebelah Utara Alun-alun Kota Tuban. Sehingga, wisata ini memiliki jarak paling dekat dengan makam Sunan Bonang.

Di wisata Pantai Boom ini, kalian akan disuguhkan dengan hamparan laut dengan luas tanah kurang lebih 2,2 hektar. Berbeda dengan pantai pada umumnya yang terdapat hamparan pasir, pantai ini sejatinya ialah sebuah tanjung dengan bebatuan di tepinya.

Untuk bisa masuk ke wisata ini sendiri, pengunjung cukup membayar tiket sebesar Rp6 ribu untuk orang dewasa, dan anak-anak Rp4 ribu. Sementara pada akhir pekan, tiket masuk mengalami sedikit perubahan, yaitu dewasa Rp8 ribu san anak-anak ditarik tiket Rp6 ribu per orangnya.

2. Wisata Pantai Cemara

Selain Wisata Pantai Boom, kalian juga dapat mengunjungi Wisata Pantai Cemara, yang berada di Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu, yang letaknya sekitar sekitar 6 meter dari pusat Kota Tuban, sehingga bisa diakses untuk kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

“Untuk tiket masuknya Rp3 ribu satu orangnya, untuk tariff karcis sepeda motor Rp2 ribu, mobil pribadi Rp4 ribu, elf Rp10 ribu dan bus Rp20 ribu,” ujar salah satu pengelola Wisata Pantai Cemara, Dul kepada blokTuban.com Selasa (8/8/2023).

Ada banyak fasilitas yang disuguhkan di tempat ini, seperti halnya kamar mandi, kafe, gazebo, kantin, atv, musalla hingga delman yang bisa digunakan pengunjung untuk mengelilingi pantai yang juga dikelilingi oleh rindangnya pohon cemara tersebut.

3. Wisata Goa Akbar Tuban

Bukan hanya dikenal akan keindahan pantainya, Kabupaten Tuban juga dijuluki sebagai kota seribu goa. Lantaran terdapat banyak goa yang ditemukan di Kabupaten Tuban ini. Salah satunya ialah goa akbar, yang kini dikelola oleh Pemarintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, untul dijadikan tempat wisata.

Berbeda dengan goa-goa pada umumnya, Goa Akbar ini sendiri berada di tengah-tengah kota, sehingga sangat mudah bagi kalian yang mencari keberadaan wisata ini, terlebih lokasi dari wisata ini berseberangan dengan Terminal Wisata Tuban.

“Kalau senin sampai Jumat harganya Rp5 ribu untuk anak-anak dan Rp8 ribu untuk orang dewasa. Sedangkan kalau Sabtu dan Minggu anak-anak Rp7 ribu dan dewasa Rp10 ribu,” papar staff karyawan wisata, Fita.

Bagi kalian yang ingin berkunjung ke goa yang memiliki banyak cerita bersejarah ini, kalian bisa berkunjung mulai puku; 07.00 sampai 18.00 Wib.

4. Wisata Pelang

Rekomendasi wisata lain yang bisa kalian kunjungi ialah Wisata Pelang, yang terletak di Desa Tahulu, Kecamatan Merakurak. Berbeda dengan kedua wisata di atas, di Wisata Pelang ini kalian akan disuguhkan dengan hamparan sungai yang diisi dengan ribuan ikan emas di dalamnya.

Selain itu, kalin juga bisa menikmati rindangnya pohon sagu yang berada di lokasi wisata, sambil menikmati bubur sagu yang menjadi makanan khas di wisata itu.

“Fasilitas yang kami sediakan ialah ruang hanti yang ada dipinggir kolam renang, jalur khusus pejalan kaki, aula di area parkir mobil, dan taman baca,” ucap Wakil Pokdarwis Pelang, Hasan.

Bukan hanya itu saja, ditempat ini kalian juga bisa berselfie dengan puas, lantaran pengelola wisata telah menyediakan puluhan spot foto yang menarik dan juga kekinian. Untuk bisa masuk ke wisata ini, kalian cukup membayar tiket masuk sebesar Rp5 ribu untuk satu orang pengunjung.

5.  Wisata Sendang Silowo

Wisata yang tak kalah menarik di Kabupaten Tuban ialah Wisata Sendang Silowo yang berada di Desa Mandirejo, Kecamatan Merakurak.

Mengusung konsep wahana air, wisata satu ini memiliki hamparan sungai yang sangat jernih dan asri, yang dipadukan dengan rindangnya pohon sagu yang berada di kanan ataupun kiri sungai. Tak heran, jika banyak wisatawan yang ingin menjajal tempat wisata satu ini

Ketua Pokdarwis setempat, Maliki mengatakan jika pihaknya telah menyiapkan sejumlah pelampung bagi pengunjung yang hendak menyusuri sumber mata air silowo ataupun bermain di dalam air.

Kendati demikian, tiket masuk untuk wisata ini sangat murah, yaitu Rp5 ribu untuk satu orang pengunjung. Sementara bagi kalian yang ingin menyusuri sungai dengan menaiki perahu kano, kalian cukup membayar Rp10 ribu.

“Untuk perahu mesin ditarik tiket Rp5 ribu dan bagi yang ingin menyewa pelampung untuk renang, Rp4 ribu,” paparnya. [Sav/Ali]