Gempa Magnitudo 4,7 Guncang Malang, Warga Diimbau Hindari Bangunan Retak

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Kabupaten Malang telah diguncang gempa bumi dengan magnitudo 4,7, Senin, 26 Juni 2023 pukul 08.16.15 Wib. Dilaporkan belum ada keterangan dampak kerusakan dari gempa itu. 

Kendati demikian, diharapkan masyarakat bisa menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.

Berdasarkan analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan gempabumi ini memiliki episenter gempa yang terletak pada koordinat 8.87° LS; 112.46° BT tepatnya di laut pada jarak 82 km arah baratdaya Kab. Malang, dengan kedalaman 32 Km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal,” ujar Kepala Stageof BMKG Sleman, Setyoajie Prayoedhie, melalui grup Info Publik BMKG Jatim.

Guncangan gempabumi ini antara lain dirasakan di daerah Trenggalek, Gondanglegi, Kepanjen, Jember, Tulungagung, Malang II MMI (Getaran dirasakan sedikit orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). Karangkates, Blitar III MMI (Getaran dirasakan seperti truk yang melintas). Dan hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

Hingga berita ini diturunkan, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum ada aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Namun BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. [Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS