Hobi Makan Jeroan Ayam? Sumber Vitamin dan Mineral Asal Benar Pengolahan

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Bagi sebagian orang makan jeroan ayam terasa nikmat, terlebih mereka yang hobi mengkonsumsinya.

Jeroan yang biasanya berupa jantung atau ampela dan hati  yang ternyata mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh.

dr Zaidul Akbar dalam kanal Youtube resminya mengatakan dari pada makin daging olahan, sebenarnya makan jeron asal tidak berlebihan dan benar cara pengolahan akan berdampak baik bagi tubuh. 

"Justru yang tidak alami yang dimakan seperti multivitamin yang sintetis. Paling mudah dibuat sop," tambahnya.

baca juga: Bermacam Khasiat Daun Kelor, Sumber vitamin C Tinggi dan Mencegah Kanker

Sementraa itu beberapa informasi yang dihimpun blokTuban.com terdapat berbagai manfaat yang dapat diambil dari konsumsi jeroan.

Mengandung Vitamin

Jeroan memiliki kandungan vitamin A dan B12. Kandungan vitamin A baik bagi sistem kekebalan tubuh, karena dapat merangsang pertumbuhan sel darah putih. Sedangkan vitamin B12 yang berperan sebagai pendukung kesehatan bagi sistem saraf tubuh.

Mengandung Seng dan Zat Besi

Peran dari seng dan zat besi adalah mendukung sistem imunitas tubuh supaya terjaga dengan baik dan membantu penyembuhan luka lebih cepat.

Mengandung Protein

Jeroan ayam juga mengandung unsur protein yang berperan dalam mengisi sel-sel yang nantinya akan membentuk otot dan jaringan pada tubuh.

Rendah Kalori

Faktanya, kalori rendah memang terkandung pada bagian usus ayam, jika dibandingkan dengan bagian jeroan yang lain. Tak hanya rendah kalori, bagian usus yang juga mengandung zat penting lainnya, seperti zat besi, vitamin A, fosfor, vitamin B dan kalsium. 

baca juga: Intip Proses Pembuatan Ikan Cakalang Suwir di Tuban yang Berprotein Lengkap

Hal yang perlu diingat adalah, usus mengandung kadar purin yang cukup tinggi memicu peningkatan kadar asam urat dalam darah. Sehingga jumlah konsumsi harus dibatasi.

Itulah kandungan dalam jeroan ayam yang mengandung banyak manfaat bagi tubuh asal benar cara pengolahannya dan membatasi konsumsi.

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS