Nikmati Bubur Muhdor, Makanan Khas Ramadhan Ala Warga Tuban

Reporter: Savira Wahda Sofyana

 

blokTuban.com - Bulan Ramadhan selalu menjadi momentum yang paling ditunggu-tunggu oleh umat muslim. Sebab, ada banyak tradisi-tradisi yang dilakukan oleh masyarakat. Entah dari segi kebiasaan maupun makanan. 

Di Kabupaten Tuban sendiri, terdapat makanan khas yang hanya dibuat saat Bulan Ramadhan saja, yaitu Bubur Muhdor, yang diproses langsung di Halaman Masjid Muhdor yang berada di Jalan Pramuka, Kelurahan Kutorejo, Kecamatan/Kabupaten Tuban.  

Makanan yang memiliki cita rasa khas timur tengah ini sendiri, dibagikan secara gratis kepada warga yang datang, sebagai menu buka puasa dari tahun ke tahun. 

Baca juga: Ini Prediksi Jam Macet di Tuban Selama Ramadan 1444 H

"Jadi Masjid Muhdor setiap Bulan Puasa, khusus membuat bubur yang dinamakan Bubur Muhdor. Ini khas di Bulan Ramadhan saja dan insyaallah hanya ada di Tuban," papar Ketua Takmir Masjid Muhdor, Agil Bunumay, saat ditemui, Kamis (23/3/2023). 

Menurut penuturan Agil, sapaan akrabnya, pada mulanya bubur ini dibuat hanya diperuntukkan untuk kaum dhuafa atau janda saja. Namun, seiring berjalannya waktu, makanan ini boleh dicicipi oleh semua masyarakat atau jemaah masjid yang ingin menikmatinya. 

Dalam pembuatan bubur ini, setiap harinya dibutuhkan sekitar 25 hingga 30 kilogram beras, serta daging kambing sebanyak 7 sampai 10 kilogram. Sementara untuk bumbunya, terdapat bumbu rempah khusus, meliputi bawang merah, bawang puti, kayu manis, hingga santan. 

baca juga: Aman Berpuasa, Atasi Maag dan Asam Lambung dengan Terapi Herbal Ala dr Zaidul Akbar

"Dua tahun ini sudah mulai lagi, karena dua tahun kemarin sempat istirahat karena Pandemi Covid-19, dulu kita bikin tapi kita bagikan langsung," sambungnya. 

Lebih lanjut, pria berhidung mancung ini juga menambahkan meskipun Bubur Muhdor ini dibuat setiap hari, namun makanan itu selalu habis diserbu oleh masyarakat setempat, mulai pukul 16.30 Wib. [Sav/Dwi]

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS