40 Relawan Destinasi Wisata di Tuban Ikuti Pelatihan di Pantai Kelapa

Reporter: Savira Wahda Sofyana

 

blokTuban.com - Puluhan relawan di Kabupaten Tuban, mengikuti pelatihan pengamanan yang dilakukan bersama Badan Nasional dan Pencarian Nasional (Basarnas) Kabupaten Tuban. Bertempat di Wisata Pantai Kelapa, yang berada di Kelurahan Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban. 

Wakil Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kabupaten Tuban, Muhasan mengatakan jika acara tersebut merupakan kegiatan yang diadakan oleh Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Olahraga (Disbudporapar) Kabupaten Tuban. 

"Ada 40 peserta yang mengikuti pelatihan dan ini merupakan kegiatan yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Tuban," ujarnya kepada blokTuban.com, Kamis (16/3/2023). 

Menurutnya, kegiatan ini sendiri dilakukan sebagai bentuk dukungan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, dalam mensupport perkembangan pariwisata yang ada di Bumi Ronggolawe ini. 

Tak hanya pelatihan saja, akan tetapi support tersebut, dilakukan dengan cara mengadakan Bimbingan Teknis, pelatihan, serta sertifikasi terkait Keselamatan dan Keselamatan Kerja (K3), seperti water rescue dan juga management resiko. 

"Jadi itu kegiatan yang diadakan Dinas Pariwisata Tuban mbak, kebetulan objek sasarannya adalah bagaimana pengamanan antisipasi, tentang kesehatan dan keselamatan daripada pengunjung," jelasnya. 

Adapun 40 peserta yang mengikuti pelatihan tersebut, lanjutnya, merupakan perwakilan dari masing-masing destinasi wisata yang ada di Kabupaten Tuban. 

Lebih lanjut, dengan adanya pelatihan ini maka seluruh relawan atau perwakilan dari berbagai destinasi wisata itu, dapat mengantisipasi terjadinya hal-hal buruk yang terjadi di masing-masing wisata.  

"Diharapkan setelah adanya pelatihan ini, paling tidak mereka bisa mengantisipasi hal-hal atau kemungkinan terburuk, yang bisa terjadi di wisata dan bisa diantisipasi lebih awal dengan pelatihan tersebut," imbuhnya. [Sav/Dwi]

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS