Faktor Ekonomi Dominasi Penyebab Perceraian di Kabupaten Tuban

Reporter: Muhammad Nurkholis

 

blokTuban.com – Perceraian bisa terjadi karena banyak faktor, namun di awal tahun 2023 ini perceraian di Kabupaten Tuban masih didominasi dikarenakan faktor ekonomi.

Menurut Panitera Muda (Panmud) Hukum PA Tuban, Muhammad Sirajuddin  jika faktor atau penyebab pasangan suami-istri di Kabupaten Tuban bercerai, dikarenakan faktor Ekonomi.

“Dari Data yang kami himpun pada bulan Januari dan Februari mayoritas perceraian di sebabkan karena faktor ekonomi,” Ujar Panmud Hukum PA Tuban, Muhammad Sirajuddin kepada blokTuban.com, Rabu (15/03/2023).

Dibulan Januari terdapat 137 kasus perceraian di Kabupaten  Tuban, dan 86 kasus disebabkan karena faktor ekonomi.

Sedangkan untuk penyebab perceraian terbanyak ke dua di bulan Januari, disebabkan karena perselisihan yang terus menerus dengan total 48 kasus.

Sedangkan di bulan Februari angka perceraian di kabupaten Tuban mengalami peningkatan, dengan angka kasus perceraian sebanyak 168 dan faktor penyebab perceraian terbanyak karena faktor ekonomi dengan jumlah 104 kasus.

Sedangkan di urutan kedua,  sama dengan bulan Januari faktor terbanyak penyebab perceraian yaitu perselisihan terus menerus dengan total 52 kasus.

“Awal Tahun ini penyebab paling banyak yaitu karena Ekonomi dan perselisihan sisanya faktor-faktor lain,” tambahnya.

Pria asal Kabupaten Gresik ini juga mengatakan sebagian besar diajukan oleh pihak perempuan atau biasa di sebut cerai gugat.[Nur/Dwi]

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS