Mimik Wajah dan Karakter Penokohan Jadi Tips Penting Dalam Mendongeng

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Mendongeng merupaka salah satu kegiatan bercerita yang sangat meyenangkan. Pasalnya, dengan mendongeng seseorang dapat membagikan ilmu atau pesan yang ingin disampaikan dan diterima dengan baik, oleh anak-anak.

Kendati demikian, memang ada teknis khusus yang harus dipelajari dalam mendongeng. Seperti halnya ekspresi ataupun suara yang dikeluarkan untuk masing-masing karakter yang dibawakan.

Penggerak Gurita atau pendongeng Tuban, Susilo Purwati mengatakan bahwa ada beberapa tips dalam mendongeng. Seperti halnya, memainkan gestur tubuh dan mimik wajah, ataupun memunculkan penokohan.

“Cerita itu tidak boleh dihafal, tapi ambil point nya saja. Kemudian dari situ berlatih improfisasi secara pelan-pelan, walaupun awalnya membaca dulu,” katanya, Minggu (12/3/2023).

Dalam sebuah dongeng, lanjutnya, memunculkan sebuah penokohan dalam cerita sangat diperlukan. Oleh karena itu, pendongeng juga harus bisa menggunakan imajinasi dan membayangkan bagaimana ekspresi atau suara setiap tokoh.

Dengan begitu, maka dapat membantu anak-anak berimajinasi dan terbawa dalam dongeng tersebut. Sehingga pesan moral yang disampaikan juga dapat tersampaikan dengan baik.

“Kalau sudah membayangkan bagaimana bentuknya, maka akan terbawa dan terlihat enak dimata anak-anak,” lanjutnya.

Selain itu, memainkan mimik wajah dan gestur tubuh pada saat mendongeng juga sangatlah diperlukan. Gestur tubuh sendiri merupakan condongnyan posisi badan pendongeng ketika berkisah, yang diarahkan kepada anak.

Biasanya, semakin rendah badan pendongen kepada anak, maka hal tersebut akan terlihat semakin baik. Lantaran pandangan akan semakin tertuju pada anak, dengan cara membungkuk. Namun, apabila dalam keadaan duduk maka condongkan badan dan arahkan kepada anak.

“Dekatkan juga suaranya kepada telinga anak dan lakukan gerakan pada adegan tertentu, yang perlu dramatisasi. Selain itu, libatkan libatkan anak juga dalam alur cerita, seperti memberikan pertanyaan ataupun mengajak untuk mengikuti gerakan tokoh,” ungkapnya. [Sav/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS