Gempa Bumi 3,8 Skala Richter Guncang Timur Perairan Tuban

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Gempa bumi berkuatan 3,8 Skala Richter mengguncang timur perairan laut Kabupaten Tuban, Selasa (11/3/2023) sekira pukul 14:18:13 WIB. 

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, Geofisika (BMKG) Kabupaten Tuban, Zem Irianto Padama membenarkan terjadinya gempa tersebut. Menurutnya, titik pusat dari gempa itu terjadi di 83 Km Timur Laut Tuban, Jawa Timur, dengan kedalaman gempa 10 Km. 

"Kekuatan gempanya 3,8 skala richter, lokasi gempa di laut pada koordinat 16,15 derajat Lintang Selatan (LS) - 112, 09 derajat Bujur Timur atau 83 Km Timur Laut Tuban Jawa Timur, kedalaman gempa 10 Km," paparnya kepada blokTuban.com saat dikonfirmasi, Sabtu (11/3/2023). 

Kendati demikian, Zem sapaan akrabnya mengatakan bahwa gempa yang terjadi kali ini dalam, yaitu sekitar 10 Km di bawah permukaan tanah. Oleh karena itu, getaran tidak dirasakan oleh masyarakat. 

Selain itu, pria ramah ini menambahkan jika gempa tersebut merupakan gempa tektonik, yang disebabkan karena adanya sesar lokal.

"Memang tidak dirasakan, akan tetapi alat kami bisa mendeteksinya dan merekord kekuatan gempanya," tambahnya. 

Lebih lanjut, BMKG Kabupaten Tuban juga memastikan bahwa gempa tidak berpotensi tsunami. Oleh karena itu, masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan tidak panik.  

"Apabila ada info-info yang belum jelas, maka masyarakat bisa langsung menghubungi BMKG," imbuhnya. [Sav/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS