Plaza Ikan Tuban, Surganya Aneka Ikan Asap dengan Harga Murah

Kontributor : Nur Qur'ani Mulia*

blokTuban.com - Ketika berada di Kabupaten Tuban, kalian wajib mampir plaza ikan Tuban. Di sana kalian pasti akan disuguhkan dengan banyaknya pedagang yang berjualan berbagai macam jenis ikan asap di pinggiran jalan.

Lokasi plaza ikan Tuban berada di jalur pantai utara (pantura) Jalan PB Sudirman tepatnya berada di Kelurahan Karangsari, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban. Salah satu pedagang ikan asap, Maemunah (35 tahun) mengaku sudah berjualan selama 5 tahun.

Perempuan yang sudah berjualan ikan asap dari 5 tahun lalu mengatakan bahwa dia berjualan ikan asap setiap hari mulai pukul 06.00-17.30 WIB, dengan dibantu 2 orang jaga secara bergantian.

Terdapat berbagai jenis ikan asap yang di jualnya antara lain, ikan salmon, ikan tuna, ikan kakap merah, ikan dorang, ikan tengiri, ikan pari, dan masih banyak jenis ikan lainya. 

"Harga untuk setiap ikan asap juga berbeda tergantung jenis ikan dan ukuran ikan, seperti: ikan salmon itu Rp10 ribu hingga Rp15 ribu per biji, ikan tuna Rp15 ribu dan yang paling besar itu Rp40 ribu per biji, kalo ikan kakap merah ada Rp20 ribu sampai Rp40 ribu," Ujar perempuan 35 tahun tersebut saat diwawancarai, Sabtu (4/3/2023).

Sedangkan untuk ikan yang paling laris biasanya ada ikan kakap dan ikan salmon. Lebih lanjut, diketahui omzet yang didapat perempuan 35 tahun tersebut selama covid-19 sempat menurun drastis.

"Kalo sebelum covid-19 itu setiap harinya bisa Rp2 juta sampai Rp3 juta, pas kemarin covid itu hanya Rp500 ribu. Dulu di sini ada cafe ada gerai makanan juga di lantai atas tapi semenjak covid-19 jadi tutup,” Imbuhnya.

Di sisi lain, momen yang paling laris di plaza ikan Tuban biasanya setiap hari Sabtu sampai Minggu serta hari raya dan tahun baru. [Lia/Ali]

 

*: Penulis merupakan mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura yang magang di kantor redaksi blokTuban.com di Jalan Pramuka II No.19 kelurahan Sidorejo, Tuban. 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS