Memahami Anjuran Membaca Surah Yasin 3 Kali di Malam Nisfu Sya'ban

Oleh: Dwi Rahayu

 

blokTuban.com – Peringatan malam pertengahan bulan Sya'ban atau Nisfu Sya'ban dianjurkan membaca Surah Yaisn 3 kali setelah sholat sunnah bagi umat muslim.

Dalam buku Doa dan Zikir Makbul oleh Abu Hurairah Abdul Salam, Lc., M.A menjelaskan tentang hendaknya membaca surah Yasin tiga kali terlebih dulu kemudian disusul dengan bacaan doa setelahnya.

Sedangkan dalam buku "Surat Yasin dan Tahlil" oleh Muhammad Abdul Karim, Diriwayatkan oleh Baihaqi dari Abi Qalabah, "Barangsiapa yang membaca surah Yasin, Allah mengampuni dosanya dan barangsiapa yang membacanya ketika ia sedang tersesat, Allah akan memberi pertunjuk, dan barangsiapa yang membacanya pada wanita yang mendapatkan kesulitan karena (oleh) anaknya, Allah akan memberikan kemudahan kepadanya, dan barangsiapa yang membacanya, maka ia seperti membaca Al-Quran sebelas kali, dan setiap sesuatu ada jantungnya (inti qalbu), sedangkan jantung (inti) Al-Quran adalah surat Yasin."

Membaca Surah Yasiin 3 kali ini masing-masing memiliki harapan yang berbeda. Pertama, yaitu meminta kepada Allah SWT agar diberikan kesehatan dan dipanjangkan umurnya.

Kedua membaca Surah Yasin dengan harapan agar Allah memberikan rezeki yang berlimpah dan halal. Serta ketiga membaca Surah Yasin dengan harapan agar Allah SWT menetapkan iman dan Islam.

Lantas setelah membaca 3 kali Surah ditutup dengan membaca doa pada acara peringatan Nisfu Syaban.

Keutamaan membaca Surah Yasin ini sebagaimana Nabi SAW bersabda, "Barangsiapa membaca surat Yasin pada malam hari, Allah akan melipatgandakan daripada yang lainnya dari Al-Quran dengan sepuluh kali dan barangsiapa yang membacanya pada pertengahan hari lalu ia menyampaikan (berdoa) kebutuhannya kepada Allah, Allah akan mengabulkannya."

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS