Toko Hanik, Pusat Oleh-oleh Ikan Asin Khas Tuban Sejak 2007

Kontributor : Nur Qur'ani Mulia*

blokTuban.com - Kabupaten Tuban merupakan daerah yang terletak di pesisir pantai utara Jawa Timur yang banyak menghasilkan ikan laut. Oleh karena itu, banyak makanan khas Tuban berupa ikan yang sudah diasinkan.

Salah satu toko yang dapat anda kunjungi sebagai pusat oleh-oleh khas Tuban yaitu toko Hanik. Di mana toko ini mempunyai dua cabang pada jalan yang sama, sehingga letak kedua toko ini sangat berdekatan dan cukup mudah di temukan. Tepatnya berada di Jl. WR Supratman Desa Sendangharjo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Hanik (50 tahun) selaku pemilik toko yang menjual berbagai macam olahan ikan asin ini tidak hanya menjual aneka ikan asin saja, akan tetapi toko ini juga menjual berbagai macam krupuk, terasi, petis, kecap laron, dan lain-lain.

Disambung karyawan toko hanik, Ninik (35 tahun) mengaku telah menjadi karyawan selama 12 tahun terhitung sejak tahun 2010. Sedangkan untuk jam operasionalnya toko hanik buka setiap hari mulai pukul 08.00-20.00 WIB.

“Jenis ikan asinya sendiri beraneka ragam seperti ikan teri Rp35 ribu dengan berat 200 gram, ikan layur Rp8 ribu dengan berat 100 gram, ikan cumi Rp25 ribu dengan berat 200 gram, ikan jambal Rp25 ribu dengan berat 200 gram, udang rebon Rp20 ribu dengan berat 200 gram, dan masih banyak lagi," Ungkap perempuan 35 tahun tersebut saat ditemui di tokonya, Selasa (28/2/2023).

Adapun momen paling laris di toko ini kalo untuk sehari-hari biasanya Jumat-Minggu. Sedangkan untuk hari libur biasanya pas liburan sekolah dan pas waktu lebaran. Untuk jenis ikan yang paling laris yaitu ada ikan jambal dan ikan teri.

Lebih lanjut, omzet yang didapat toko Hanik pada saat covid-19 diketahui sempat menurun tidak seperti biasanya. Omzet yang diperoleh setiap harinya sebelum covid-19 dapat mencapai senilai Rp10 juta ke atas, sedangkan pada saat covid-19 omzet menurun menjadi di bawah Rp10 juta, dan untuk sesudah covid-19 omzet sudah mulai kembali membaik.

“Kami juga tidak hanya melayani pembelian di toko saja akan tetapi kami juga melayani pesanan secara online melalui whatsapp (082230416462), dan untuk harga toko di sini lebih terjangkau dan ada perbedaan sedikit, lebih murah sedikit dari pada yang lain," Jelasnya.

Supplier toko hanik, Nunuk (53tahun) mengatakan, dalam satu minggu biasanya memasok ikan asin ke toko Hanik sebanyak 2 kali pengiriman. Ikan asin pada toko Hanik ini bisa bertahan selama 10 bulan sampai 1 tahun.

“Untuk jenis ikan asin setiap kiriman biasanya berbeda-beda tergantung musim,” tutupnya. [Lia/Ali]

 

*: Penulis merupakan mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura yang magang di kantor redaksi blokTuban.com di Jalan Pramuka II No.19 kelurahan Sidorejo, Tuban. 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS