Miniatur Perahu Bengawan Tuban Ini Berbahan Limbah

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Seorang pemuda di Desa Kebomlati, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban berhasil merubah limbah kayu jati menjadi sebuah miniatur perahu bengawan.

Dimas Putra Pratama (22) mulai membuat miniatur perahu setelah melihat peluang dari banyaknya limbah kayu jati yang ada di rumahnya. Dimas mewarisi bakat ayahnya yang juga merupakan seorang pembuat perahu dan beberapa furniture perabotan rumah tangga seperti meja dan kursi.

“Melihat banyaknya limbah kayu jati, saya merasa sayang jika kayu tersebut dibuang begitu saja. Lalu, mencoba memanfaatkannya agar memiliki nilai ekonomi, dan muncul ide miniatur perahu bengawan,” ujar Dimas Putra Pratama (22) kepada blokTuban.com, Minggu (26/02/2023).

Pemuda yang akrab disapa Dimas ini, dapat membuat miniatur perahu dikarenakan suka membantu ayahnya membuat perahu. Dari ilmu tersebut, ia bisa membuat miniatur perahu bengawan.

Dalam membuat miniatur perahu sendiri, proses tersulit menurutnya yaitu proses merancang perahu. Sebab, ukurannya yang kecil halus menggunakan kesabaran ekstra, dalam mengukir dan memotong kayu-kayu tersebut agar tidak salah.

Untuk lama pengerjaan pembuatan miniatur perahu sendiri, Dimas hanya membutuhkan waktu satu hari saja.

“Proses pembuatan cuma memakan waktu satu hari saja mas, tapi kalau plus mengecat ya mungkin molor satu hari lagi soalnya menunggu cat kering,” tambahnya.

Baca Juga:

Angkle, Sandal Unik Masyarakat Tuban Tempo Dulu Saat Mencari Kerang

Saat ini, pemasaran miniatur perahunya masih di lingkup lokal Kabupaten Tuban saja, dan rencananya akan terus memasarkan karyanya hingga luar kota.

Ukuran harga miniatur perahu memiliki berbagai varian harga untuk ukuran 80 kali 12 centimeter dibanderol dengan harga 250 ribu rupiah. Sedangkan untuk ukuran 210 kali 60 centimeter dibandrol dengan harga 2 juta rupiah.

Bagi yang berminat memesan minatur perahu bengawan dapat juga menghubungi nomor Whatsapp 0857-0888-4820. “Untuk harga tergantung ukuran mas,” tambahnya. [Nur/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS