Sukseskan HPN RPS Tuban, TPPI Ikut Hijaukan Objek Wisata Taman Rimba

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Sebagai salah satu sponsorsip kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 yang digelar oleh Ronggolawe Press Solidarity (RPS) Tuban, PT Trans-Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) ikut menghijaukan objek wisata Taman Rimba di Desa Ngino, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Minggu (26/2/2023). 

PR & CSR Section Head PT. TPPI, Taheran Sidik Prabowo hadir mewakili General Manager PT TPPI, Sugiyo di acara HPN RPS tersebut. Dalam penanaman 1.000 bibit tanaman tersebut, sebagiannya merupakan tanaman produktif. Seperti, jambu, mangga, dan nangka. 

"Program penghijauan yang diiniasi oleh RPS Tuban ini selaras dengan program penghijauan TPPI. Di mana penanaman 1000 pohon yang nanti bekerja sama dengan sekolah-sekolah untuk mendukung program adiwiyata dengan penanaman satu pohon 1 nama siswa/siswi (by name)," tutur Taheran.

Program kerjasama itupun dinilai lebih efektif. Sebab, tanaman yang diserahkan oleh TPPI ke setiap sekolah yang membutuhkan sudah berkomitmen merawatnya hingga tumbuh besar. Jika dibandingkan ditanam di tepi jalan yang minim perawatan, tentunya penghijauan di sekolah memiliki potensi hidup lebih besar karena yang merawat tanaman di sekolah nanti para siswa/siswi yang namanya tercantum dalam satu pohon.

Satu nama siswa/siswi kelas 1 sehingga selama 3 tahun siwa/siswi tersebut memiliki tanggung jawab untuk merawat tanamannya.

TPPI juga mengapresiasi RPS Tuban. Tak hanya menyerahkan dan menanam tanaman semata, namun juga dilakukan penandatangan kerjasama perawatan oleh pengelola Taman Rimba dan Mangrove Center Tuban disaksikan oleh Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, Ketua RPS Tuban, Khoirul Huda, dan Kepala Desa Ngino. 

"MoU perawatan tanaman itu penting, karena setelah penandatangan timbul tanggungjawab untuk menjaga dan merapat tanaman. Sudah barang tentu, jika tanamn ini tumbuh besar, maka perkembangan objek wisata Taman Rimba juga semakin bagus," imbuhnya. 

Dalam keterangannya, Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzki mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh RPS ini. "Saya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh RPS,'' ujarnya.

Menurut bupati muda ini, RPS selalu konsen dalam kegiatan sosial. Seperti santunan anak yatim yang merupakan bentuk dari perhatian RPS terhadap masyarakat yang tidak mampu. 

Kemudian lanjut Mas Bupati, RPS juga menaruh perhatian terhadap lingkungan. ''Itu dibuktikan dengan penanaman 1.000 pohon," imbuhnya.

Terakhir menurut bupati muda ini, RPS juga turut andil dalam kegiatan olahraga dengan digelarnya Fun Run. Kegiatan yang diinisiasi RPS tersebut membuktikan kepedulian insan media terhadap dunia olahraga. 

"Ini adalah bentuk konkrit RPS ikut pemkab membangun Tuban lebih baik lagi," tutupnya.

Selain penghijauan 1.000 tanaman, acara inti HPN RPS yaitu Fun Run 7K yang diikuti ratusan pelari dari Tuban, Bojonegoro, maupun Blora, Jawa Tengah. Panitia menyediakan jersey premium bagi 50 finisher tercepat, dan hadiah jutaan rupiah bagi 3 pelari putra dan 3 pelari putri tercepat. [Ali]

 

Temukan konten menarik blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS