Masyarakat Tuban Antusias Kunjungi Pameran Seni Rupa di Gedung Budaya Loka

Reporter: Savira Wahda Sofyana

 

blokTuban.com – Pameran seni rupa yang akan digelar selama 10 hari, oleh para seniman di Kabupaten Tuban, nampaknya  mendapatkan respon baik dari masyarakat. Terbukti, baru lima hari berlangsung sudah ada ratusan masyarakat yang berkunjung, untuk meilhat puluhan karya yang dijejer tersebut.

Dari pantauan blokTuban.com di lokasi, nampak puluhan masyarakat dari berbagai usia silih berganti memadati pameran, yang diselenggarakan di Gedung Budaya Loka secara gratis.

Menurut salah seorang seniman atau penggagas pameran, Siswandi jika selama beberapa hari pameran seni rupa ini digelar, animo masyarakat di Kabupaten Tuban sangat luar biasa. Bahkan, belum genap satu minggu berlangsung pengunjung yang datang mencapai 600 orang.

“Animonya sangat luar biasa, bahkan dihari kelima ini nggak pernah putus, selalu ada pengunjungnya dan kurang lebih pengunjung saat ini sudah mencapai 600 pengunjung,” ungkapnya kepada blokTuban.com, Rabu (22/2/2023).

Tidak hanya para pelajar saja, pria ramah ini mengaku jika hampir seluruh kalangan datang berkunjung di tempat itu, baik mahasiswa, pekerja, pedagang hingga masyarakat umum, turut menikmati karya seni yang dipamerkan tersebut.

Melihat animo masyarakat yang sangat luar biasa, maka ia berharap agar kedepannya kegiatan ini dapat kembali dilaksanakan, dengan suasana yang lebih meriah lagi.

“Kegiatan ini bisa terlaksana lagi dan bisa mengakomodir semua pengkarya, yang ada di Tuban maupun di luar Tuban sebanyak mungkin. Sehingga masyarakat pencinta dan pemerhati seni rupa, masyarakat umum, ataupun instansi itu bisa menikmati karya yang luar biasa,” paparnya.

Sedangkan salah satu pengunjung, Hudi yang datang bersama dengan puluhan muridnya, mengatakan jikq pameran ini merupakan media edukasi yang sangat baik bagi para pelajar di Kabupaten Tuban. Pasalnya, ada berbagai jenis lukisan yang dipamerkan di tempat ini.

Dengan membawa seluruh peserta didiknya yang duduk dibangku kelas 1, 3 dan 4 ini, maka ia berharap agar siswanya dapat mengadaptasi dan mengetahui jenis-jenis seni rupa yang dilihat tersebut.

“Kita memperkenalkan kepada mereka, kalau lukisan itu banyak banget jenisnya. Tidak hanya kita menggambar biasa, tapi juga banyak lukisan abstrak,” ujar tenaga pengajar dari SDN Sendangharjo 3 itu.

Selain itu, ia juga berharap agar kegiatan pameran seni rupa seperti ini, dapat terus dilakukan di Kabupaten Tuban setiap tahunnya.

Untuk  diketahui, pameran yang digelar secara gratis tersebut, buka mulai pukul 10.00  wib hingga 22.00 pada hari Senin-Jumat, sementara pada hari Sabtu pameran buka pukul 10.00 hingga 23.00 wib. [Sav/Dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS