Korsleting Listrik, Kandang Bebek Berisi Ribuan Ekor di Tuban Terbakar

Reporter : Muhammad Nurkholis

 

blokTuban.com –  Akibat korsleting listrik pada kandang yang berisi ribuan ekor bebek harus terbakar, kejadian ini terjadi di Desa Jombok Kecamatan Jatirogo pada Rabu (22/02/2023).

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran (Damkar) Tuban, Sutaji, mengatakan bahwa kronologi kejadian bermula saat penjaga kandang bernama Edi Siswantoro mengetahui adanya kepulan asap di kandang bebek yang ia jaga, takut dapat membahayakan dirinya beserta bebek yang ada di kandang ia lantas menghubungi petugas Damkar pada pukul 02.15 Wib.

Petugas pos Jatirogo yang mendapatkan laporan tersebut lantas datang ke lokasi kejadian, dan pada pukul 02.25 Wib petugas tiba di lokasi kejadian.

“Kami mendapatkan laporan pukul 02.15 dan hanya 10 menit petugas sudah tiba di lokasi,” ujar Kepala Bidang Damkar Tuban, Sutaji, kepada blokTuban.com.

Petugas yang datang di lokasi langsung melakukan pemadaman api yang membakar kandang berisikan 1.400 ekor bebek berusia 26 hari tersebut. Tak butuh waktu lama petugas yang datang dengan satu unit mobil Damkar berhasil memadamkan api pada pukul 03.35 Wib.

Dalam kejadian ini diperkirakan terdapat seperempat bebek dalam kandang yang terbakar dan melarikan diri, diperkirakan kejadian ini terjadi akibat adanya korsleting listrik, yang berasal kabel yang tak sesuai standar PLN sebab di lokasi kejadian tidak sedang atau usai hujan.

“Kemungkinan kebakaran terjadi akibat kabel yang tak sesuai standar PLN,” tambahnya.

Untung dalam kejadian ini tidak ada korban hanya kerugian material yang ditaksir mencapai 5 hingga 10 juta rupiah. Kebakaran ini tidak memberikan dampak bagi pemukiman sekitar, dikarenakan lokasi kandang yang jauh dengan pemukiman warga[Nur/Dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS