Wisata Rumpun Bambu, Rekomendasi Wisata Alam di Tuban yang Cocok untuk Berakhir Pekan

Reporter : Muhammad Nurkholis

 

blokTuban.com – Akhir pekan bingung hendak menghabiskan waktu bersama keluarga ke mana? mungkin wisata baru yang ada di Tuban dengan nama Wisata Rumpun Bambu (WRB) bisa menjadi solusi bagi kalian.

WRB terletak di Dusun Beron Kidul, Desa Punggulrejo, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban. Wisata khas dengan pondokan bambu ini dibuka sekitar akhir tahun 2022 lalu.

Pengunjung akan disuguhkann keindahan alam Kecamatan Rengel  seperti keindahan danau dari sumber air di Dusun Beron. Selain itu pengunjung juga dapat menikmati pemandangan pegunungan kapur di sebelah barat danau. 

Lokasi ini juga terbilang cukup sejuk karena di sebelah utara danau terdapat banyak sekali pepohonan bambu. Hal itulah yang menginisiatif warga untuk memberi nama wisata ini dengan nama rumpun bambu.

Baca juga: Sepanjang Tahun 2022, Ada Dua Wisata Alam yang Baru di Tuban

“Diberi nama Wisata Rumpun Bambu karena berada di tepi sungai yang ada rumpunan bambu di sampingnya,” ujar Ketua pengelola Rumpun Bambu Irfan Afandi kepada blokTuban.com, Sabtu (28/01/2023).

Wisata ini, sambung Ifan sudah diinisiatif pada 2014, tetapi untuk pelaksanaan baru pada bulan September 2022. Pengerjaan pembangunan wisata ini dilakukan dengan swadaya dan gotong royong dari warga sekitar, mulai dari membersihkan sungai, pembangunan dan sampai saat ini proses pengembangan.

Untuk harga tiket masuk WRB sendiri tergolong sangat ramah di kantong. Pengunjung harus menyiapkan uang Rp2.000 untuk parkir motor, dan Rp5.000 untuk parkir mobil. Sedangkan  yang unik, untuk memasuki wisata ini hanya perlu membayar seikhlasnya saja.

Berdiri di atas danau 7 hektar pengurus wisata memiliki beberapa tantangan seperti harus menjaga  kebersihan sungai dari tumbuhnya ganggang atau lumut. Maka setiap minggunya pengurus akan melakukan pembersihan, agar ekosistem ikan yang ada di kolam tetap terjaga.

baca juga: 10 Destinasi Wisata di Tuban yang Paling Banyak dikunjungi Selama Setahun

“Dengan adanya wisata ini kita bisa memperkenalkan Desa Punggulrejo bahwasanya disini ada icon wisata menarik dengan begitu dapat meningkatkan perekonomian kesejahteraan warga,” tandasnya.

Salah satu pengunjung saat ditemui blokTuban.com, Devi (26) mengatakan bahwa ini sudah ketiga kalinya ia mengunjungi WRB.  

“Sudah 3 kali (mengunjungi Wisata Rumpun Bambu, red) mas,  dulu bersama keluarga, saat ini saya ajak murid saya kesini karena viewnya bagus,” papar guru dari TK Tunas Bangsa Plumpang ini.

Tujuan dari wanita ramah ini mengajak 20 muridnya ke WRB yaitu untuk mengedukasi para siswa siswi didiknya mengenal hewan yang ada di lokasi dan memberi makan ikan. Selain itu ia juga ingin memperkenalkan alam dan bagaimana bambu di sekitar lokasi bisa dimanfaatkan.

Untuk datang ke lokasi ini cukup gampang karena akses jalannya yang bagus Pertama-tama kita cukup mendatangi sebuah gapura bertuliskan Dusun Beron kita tinggal masuk sekitar 1 kilometer, lalu belok kanan sekitar sejauh 500 meter dan nantinya akan ditemui wisata indah ini.[Nur/Dwi]

   

Temukan konten berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS