Kebakaran Hebat di Gudang Pengering Jagung Tuban, Tim Pemadam Butuh Waktu 14 Jam Jinakkan Api

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Blower pengering jagung di gudang jagung yang berada di Desa Besowo, Kecamatan Jatirogo, Kabupaten Tuban terbakar. Untuk memadamkan kobaran api, petugas pemadam kebakaran membutuhkan waktu 14 jam lebih, Jumat (28/01).

Kasatpol PP dan Pemadam Kebakaran Tuban, Gunadi menjelaskan bahwa kronologi kejadian bermula pada pukul 09.00 wib. Saat itu, pemilik gudang pengeringan bernama Rony Febrianto Limono mengetahui blower pengering jagung ada kobaran api yang besar.

Munculnya api dikhawatirkan membahayakan serta merambat ke lokasi lainnya, sehingga pemilik gudang langsung menghubungi tim Satpol PP dan Damkar Kabupaten Tuban.

“Petugas Satpol PP dan Damkar Pos Jatirogo menerima laporan sekitar pukul 09:05 Wib dan tim Segera menuju lokasi, sekitar pukul 09:09 Wib,” ujar Gunadi saat dikonfirmasi blokTuban.com, Sabtu (28/01/2023).

Baca juga:

Petugas Damkar Tuban Ajari Anak Usia Dini Tangani Kebakaran di Alun-alun

Melihat kobaran api yang semakin membesar, petugas mendatangkan 3 mobil pemadam kebakaran lagi yang berasal dari Pos Singgahan 1 unit dan dari Tuban 2 unit untuk melakukan pemadaman. Hasilnya tim berhasil  melaksanakan pemadaman dan pembasahan sekitar Pukul 23:20 Wib.

Diperkirakan kebakaran dikarenakan adanya korsleting listrik di mesin pengering jagung. Akibat dari kebakaran itu mengakibatkan jagung 3 setengah ton terbakar dengan kisaran kerugian 10 juta rupiah sedangkan blower pengering jagung saat itu diisi 15 ton jagung dan berhasil diselamatkan sekitar 11 setengah ton.

"Dalam kejadian ini tak ada korban jiwa baik luka ringan ataupun luka berat," tandas mantan Kadishub Tuban ini. [Nur/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS