Petugas Damkar Tuban Ajari Anak Usia Dini Tangani Kebakaran di  Alun-alun

Reporter : Muhammad Nurkholis

 

blokTuban.com – Petugas dari Satpol PP dan Damkar Kabupaten Tuban mengadakan sosialisasi kepada ratusan siswa-siswi KB dan RA di Alun-alun Kabupaten Tuban pada Rabu (25/01/2022) pagi.

Terdapat 281 siswa dan siswi beserta Guru yang hadir dari 4 lembaga yaitu KB Baby School Latsari Tuban, KB El Yamin Kebonsari  Tuban, RA Al Mubarok Penambangan Semanding, dan RA Muslimat Al Huda Pongpongan Merakurak.

Menurut Zainal Maftuhien Analis Kebakaran Ahli Muda Bidang Pemadam Kebakaran Satpol PP dan Damkar Kabupaten Tuban dalam kegiatan pagi hari ini, para anak-anak ini terlebih dahulu diperkenalkan alat-alat untuk memadamkan kebakaran, kemudian diberi tahu bagaimana pencegahan kebakaran dan penanganan kebakaran.

“Dalam kegiatan pagi hari ini kita perkenalkan sedari dini terkait alat-alat pemadam dan bagaimana mencegah dan menangani sebuah kebakaran,” ujar Zainal Maftuhien kepada blokTuban.com, Rabu (25/01/2023).

Dalam seminggu tim dari Satpol PP & Damkar biasanya melakukan sosialisasi di berbagai tempat kurang lebih sebanyak 2 sampai 3 kali. Dan kebanyakan lembaga sekolah yang ada di Tuban sudah mulai sadar akan pentingnya sosialisasi kebakaran sedari dini, dengan mengajukan permohonan sosialisasi.

Dengan adanya kesadaran tersebut Satpol PP dan Damkar Kabupaten Tuban pun menyambut dengan baik, dengan begitu semakin mempercepat informasi dan keterampilan yang bisa diberikan, serta bisa meminimalisir kebakaran.

Zain menambahkan bahwa Satpol PP dan Damkar Kabupaten Tuban tak pernah menolak pengajuan dari sekolah bahkan Satpol PP dan Damkar Kabupaten Tuban juga bisa datang langsung di sekolahan. Namun akan lebih menyenangkan jika di pusatkan di Alun-alun, sebab mampu menampung  peserta lebih banyak dan siswa siswi bisa berkenalan dengan anak-anak dari sekolah lain serta lapangan yang luas menjadikan manuver ketika praktik pemadaman bisa lebih leluasa.

Kegiatan ini ditutup dengan pengenalan air serta para siswa-siswi diajak bermain hujan-hujan menggunakan air dari mobil Damkar, dan rencananya besok akan ada lagi sosialisasi kepada siswa Raudlatul Athfal yang tergabung di Pengcab IGRA Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban sejumlah 1.628 siswa. 

“Hapan dengan adanya sosialisasi ini para siswa siswi semakin mengetahui, memahami, dan menguasai keterampilan terkait bahaya kebakaran, dan semakin memperkecil atau menurunkan resiko kebakaran. Kemudian apabila terjadi kebakaran masyarakat mampu untuk menanggulanginya atau meminimalisir dampaknya,”pungkasnya.[Nur/Dwi]

 

  

Temukan konten berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS