10:00 . Membangun Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat   |   09:00 . Harga Emas Antam Hari ini 7 Februari 2023 Pecahan Terendah di Harga Rp558.500   |   08:00 . Teks Doa Peringati 1 Abad Nu oleh Gus Mus   |   07:00 . Kumpulan Ucapan Harlah NU ke 100 Tahun yang Simpel dan Bermakna   |   06:00 . Lirik dan Chord Lagu Kehilanganmu Berat Bagiku - Kangen Band   |   06:00 . TPPI Perkuat Sinergi Media Tuban untuk Keberlangsungan Operasi Kilang   |   22:00 . Sektor Pertanian Dominasi Lapangan Pekerjaan di Kabupaten Tuban   |   21:00 . Kondisi Sekitar Lokasi Stadion Gelora Delta Sidoarjo Pasca Hujan   |   20:00 . Pemuda di Tuban Nekat Curi Sparepart Alat Berat Pembakaran Gamping Senilai Rp200 Juta   |   19:30 . Cukup Sekali Klik, Ini Link Live Streaming Puncak Resepsi 1 Abad NU   |   19:00 . Banjir Masih Dominasi Bencana di Tuban   |   18:30 . 12 Ribu Banser di Sidoarjo Matangkan Koreografi di Bawah Rintikan Hujan   |   18:00 . Ikuti Cabai, Harga Minyak Curah, Telur hingga Bawang Putih di Tuban Naik   |   17:00 . Anggap Kebebasan Pers Selesai, Presiden akan Keluarkan Perpres Media Sustainability   |   16:30 . Bejat! Dua Orang Kakek di Tuban Tega Setubuhi Bocah SD Hingga 9 Kali   |  
Tue, 07 February 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Kasus PMK Kembali Melonjak, Pasar Hewan Tuban Terancam Kembali Ditutup?

bloktuban.com | Tuesday, 24 January 2023 22:00

Kasus PMK Kembali Melonjak, Pasar Hewan Tuban Terancam Kembali Ditutup? Ktivitas di pasar hewan Tuban. (bloktuban/dok)

 

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Kembali melonjaknya temuan kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), pada sejumlah binatang ternak di Kabupaten Tuban, mendapatkan respon serius dari pemerintah. Hal ini dibuktikan dengan upaya penyemprotan disinfeksi, disejumlah Pasar Hewan di Kabupaten Tuban.

Langkah tersebut, dilakukan guna menekan angka penyebaran wabah PMK di Bumi Ronggolawe ini. Pasalnya, dari data yang dihimpun oleh blokTuban.com, hingga (17/1/2023) lalu, hewan sakit  PMK di Tuban mencapai 105 kasus.

Jika penyebaran virus ini tidak berhenti, maka seluruh pasar hewan di Kabupaten Tuban terancam kembali ditutup. Sebab, Kabupaten Tuban sendiri berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah, yang saat ini menjadi wilayah dengan kasus PMK tertinggi. Selasa (24/1/2023).

“Mengingat Rembang sama Blora ini dekat kita, sehingga otomatis semua pedagang ke sini. Tapi kita harus melakukan rapat koordinasi terlebih dahulu,” ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kabupaten Tuban, Eko Arif Julianto.  

Menurut Arif sapaan akrabnya, dilakukannya rapat koordinasi tersebut dirasa sangat perlu, mengingat dampak dari penutupan seluruh pasar hewan di Tuban sangat luar biasa. Salah satunya adalah ekonomi para pedagang yang kembali lumpuh. Oleh karena itu, pihaknya tidak ingin gegabah dalam mengambil keputusan tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur, Indyah Aryani mengungkapkan jika salah satu upaya yang dapat dilakukan, untuk mencegah penyebaran PMK ialah dengan mengendalikan lalu lintas ternak dari pasar ke pasar.

Namun, apabila ke depannya angka penyebaran Virus PMK masih terus terjadi, maka pihaknya menghimbau agar seluruh pasar hewan di Kabupaten Tuban, ditutup untuk sementara waktu.

“Kalau memang memungkinkan dan itu nanti terjadi penularan yang tinggi, nanti kita himbau untuk pasar tutup sementara. Namun harapan kita bisa dikendalikan, biar perekonomian juga tetap berjalan,” jelasnya.

Selain di Kabupaten Tuban, lanjutnya, angka kenaikan kasus PMK di wilayah Jawa Timur ini, rupanya  juga terjadi di kabupaten tetangga, yaitu Kabupaten Bojonegoro dengan angka kasus PMK sebesar 85 hingga 100 kasus. [Sav/Dwi]

 

Temukan konten berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS

Tag : PMK, Tuban, ternak tuban, pasar hewan tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 07 February 2023 10:00

    Membangun Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat

    Membangun Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat Manusia merupakan makhluk sebagai pelaku utama di dalam yang namanya lingkungan, dimana manusia tidak lepas dari kebutuhan untuk hidup dan tergantung dari kondisi lingkungan tempat dimana ia berada....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat