Sistem Ternak Diumbar, Daging Sapi Tuban Dikenal Unggul di Pasaran

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Daging sapi di Kabupaten Tuban diklaim memiliki jenis daging yang unggul, hal ini diungkapkan oleh supplier sapi yang ada di Desa kebomlati, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban.

Di Kabupaten Tuban sendiri sapi menjadi salah satu ternak yang menjadi pilihan mayoritas masyarakat, selain sebagai tabungan sapi dipilih karena daya jualnya yang bagus, serta melimpahnya pakan menjadi pertimbangannya.

Baca juga: Kebakaran Kandang Sapi Milik Warga Tuban, Tetangga Sempat Dengar Letusan 3 Kali

Dan menurut Rohmad (54) seorang supplier sapi UD Lembu Mas ini mengatakan, sapi di Kabupaten Tuban termasuk sapi unggul dikarenakan sistem trenak diumbar menjadikan sapi-sapi di daerah Tuban memiliki daging yang bagus.

“Karena sapi di Tuban beda dengan sapi di daerah lain, di Kabupaten Tuban masih cenderung diumbar jadi sapi tersebut dagingnya bagus,” ucap Rohmad kepada blokTuban.com, Selasa (17/01/2023).

Rohmad juga menambahkan bahwa sapi yang diumbar selain memakan makanan rumput alami juga terkena sinar matahari menjadikan sapi lebih sehat.

Dengan begitu daging sapi Tuban tidak cenderung memiliki lemak yang banyak, berbeda dengan sapi yang hanya ditaruh di kandang. Sapi yang hanya ditaruh di kandang cenderung jarang bergerak yang mengakibatkan sapi tersebut memiliki banyak lemak.

Baca juga: Ramai Pelepasan Ear Tag Kode Sapi di Tuban, Bolehkah Peternak Lakukan Itu?

Dengan alasan itu ia tak pernah mencari sapi dari luar Tuban untuk menyuplai para jagal dan ia masih setia mencari sapi di pasar hewan Tuban.

“Kalau saya sendiri mencari sapi itu di pasar hewan Tuban, Kerek sama Jatirogo,” ujarnya.

Dengan sangat memperhatikan kualitas UD Lembu Mas setiap harinya tak kurang 5 ekor sapi selalu dikirimkan ke Rumah Pemotongan Hewan (RPH). Bahkan jika dikalkulasi dalam sehari bisa 1 ton daging yang disuplai oleh UD Lembu Mas kepada jagal.[Nur/Dwi]

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS