Bersolek Jelang Imlek 2574, Pengurus Klenteng Tuban Pasang Patung Kelinci Air

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Perayaan Tahun Baru Imlek 2574 tahun ini jatuh pada tanggal 22 Januari 2023. Seluruh umat di Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Klenteng Kwan Sing Bio (KSB) Tuban bersuka menyambutnya. 

Salah satu agenda rutin di klenteng terbesar di Asia Tenggara ini, yaitu memasang pernak-pernak dan hiasan Imlek. Nampak dari luar, klenteng Tuban mulai bersolek. Aneka ukuran lampu berwarna merah memenuhi sudut klenteng. 

Selain lampion baru, para pengurus TITD KSB Tuban juga mulai melakukan bersih-bersih seluruh ruangan. Sekaligus patung yang berada di lokasi ibadah. 

Tahun ini, terdapat patung kelinci air yang dipasang di pintu masuk klenteng. Sebagaimana diketahui, kelinci air merupakan shio di Imlek tahun ini. 

Sesepuh TITD Klenteng Kwan Sing Bio Tuban, Hanjono Tansah mengatakan, para pengurus serta para umat saat ini sedang melakukan persiapan untuk menyambut perayaan tahun baru Imlek 2574.

"Persiapan seperti ini sudah dilakukan sejak dari dulu setiap menjelang tahun baru Imlek," terang Hanjono Tansah di Klenteng Kwan Sing Bio Tuban.

Rangkaian kegiatan perayaan tahun baru Imlek saat ini sama seperti tahun sebelumnya, di mana ritual sembahyang akan dilaksanakan pada malam perayaan Imlek.

"Kita coba untuk perayaan tahun baru Imlek saat ini bisa agak ramai dibanding tahun lalu. Tapi kita nggak berani memastikan," imbuhnya.

Dijelaskan olehnya, bahwa shio pada perayaan tahun baru Imlek 2574 ini adalah shio kelinci air. Sifat kelinci air ini lebih ramah, tenang dan tidak terlalu banyak masalah. [Ali]

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS