Menikmati Cempedak dan Lai, Buah Asli Kalimntan di Kabupaten Tuban

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Mungkin kita sebagai masyarakat Kabupaten Tuban masih jarang bahkan awam dengan buah asli pulau Kalimantan yaitu buah cempedak dan buah lai.

Buah cempedak sendiri adalah sebuah buah yang memiliki cita rasa seperti nangka akan tetapi secara tekstur buah cempedak lebih lembut dibandingkan dengan buah nangka.

Sedangkan untuk buah lai juga salah satu buah asli dari pulau Kalimantan untuk tekstur dan rasanya, buah lai memiliki rasa hampir seperti durian, akan tetapi untuk aromanya tak setajam buah durian. Untuk teksturnya sendiri buah lai memiliki tekstur buah yang lebih padat dibandingkan dengan durian.

Fada (23) selaku penjual buah asli Kalimantan ini mengatakan bahwa ia  tertarik menjual buah ini karena melihat peluang, menurutnya di daerah Tuban dan sekitarnya masih jarang bahkan bisa dikatakan belum ada penjual buah cempedak dan lai.

“Terpikir berjualan buah ini karena memanfaatkan peluang, di Kabupaten Tuban sendiri belum saya jumpai ada penjual buah cempedak dan buah lai,” ujarnya.

Bahkan ia memaparkan kalau buah cempedak dan buah lai yang ia jual didatangkan langsung dari pulau Kalimantan. Beberapa pelanggan yang datang ke lapaknya biasanya merupakan orang yang pernah bekerja di Kalimantan atau memang orang Kalimantan yang pindah ke Tuban.

Iya mulai berjualan dari pukul 10.00 wib hingga pukul 18.00 Wib. Dalam satu hari ia bisa menghabiskan 3 kuintal buah, untuk harga sendiri buah cempedak dan buah lai tergolong ramah di kantong. Untuk 1 kilo buat cempedak dihargai Rp30.000, sedangkan untuk buah lai per bijinya dijual dengan harga Rp35.000.

Sedangkan untuk pembeli yang ingin membeli buah ini dan ingin langsung memakannya, di sini juga tersedia buah cempedak dan buah lai yang sudah dikupas dan tinggal memakan saja.

Crisma (29) salah satu pembeli buat cempedak mengatakan bahwa ia sebelumnya sudah pernah merasakan buat cempedak saat ia masih di Sumatera.

“Saya asli Sumatera sebelumnya saya sudah pernah makan buah cempedak dan saya mengetahui di Tuban ada penjual buah cempedak saya lantas tertarik untuk membeli buah cempedak. Karena sebelumnya saya belum pernah temui ada penjual buah cempedak di Kabupaten Tuban,” ungkapnya.

Menurutnya buah cempedak memiliki rasa yang mantap serta cempedak memiliki ciri khas rasa yang manis dan lembut.

Mungkin bagi Anda yang  penasaran dengan rasa buah asli Kalimantan ini, bisa datang langsung ke jalan Prof. Dr. KH Fathurrahman Kafrawi Merakurak tepatnya di sebelah barat pom bensin mulung Kecamatan Merakurak.[Nur/Dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS