11:00 . Resep Membuat Keripik Kaca Daun Jeruk   |   10:00 . Membangun Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat   |   09:00 . Harga Emas Antam Hari ini 7 Februari 2023 Pecahan Terendah di Harga Rp558.500   |   08:00 . Teks Doa Peringati 1 Abad Nu oleh Gus Mus   |   07:00 . Kumpulan Ucapan Harlah NU ke 100 Tahun yang Simpel dan Bermakna   |   06:00 . Lirik dan Chord Lagu Kehilanganmu Berat Bagiku - Kangen Band   |   06:00 . TPPI Perkuat Sinergi Media Tuban untuk Keberlangsungan Operasi Kilang   |   22:00 . Sektor Pertanian Dominasi Lapangan Pekerjaan di Kabupaten Tuban   |   21:00 . Kondisi Sekitar Lokasi Stadion Gelora Delta Sidoarjo Pasca Hujan   |   20:00 . Pemuda di Tuban Nekat Curi Sparepart Alat Berat Pembakaran Gamping Senilai Rp200 Juta   |   19:30 . Cukup Sekali Klik, Ini Link Live Streaming Puncak Resepsi 1 Abad NU   |   19:00 . Banjir Masih Dominasi Bencana di Tuban   |   18:30 . 12 Ribu Banser di Sidoarjo Matangkan Koreografi di Bawah Rintikan Hujan   |   18:00 . Ikuti Cabai, Harga Minyak Curah, Telur hingga Bawang Putih di Tuban Naik   |   17:00 . Anggap Kebebasan Pers Selesai, Presiden akan Keluarkan Perpres Media Sustainability   |  
Tue, 07 February 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Menikmati Cempedak dan Lai, Buah Asli Kalimntan di Kabupaten Tuban

bloktuban.com | Tuesday, 10 January 2023 22:00

Menikmati Cempedak dan Lai, Buah Asli Kalimntan di Kabupaten Tuban Buah Kalimantan: Penjual buah cempedak dan lai di Tuban melayani pembeli. (Foto: bloktuban/nur)

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Mungkin kita sebagai masyarakat Kabupaten Tuban masih jarang bahkan awam dengan buah asli pulau Kalimantan yaitu buah cempedak dan buah lai.

Buah cempedak sendiri adalah sebuah buah yang memiliki cita rasa seperti nangka akan tetapi secara tekstur buah cempedak lebih lembut dibandingkan dengan buah nangka.

Sedangkan untuk buah lai juga salah satu buah asli dari pulau Kalimantan untuk tekstur dan rasanya, buah lai memiliki rasa hampir seperti durian, akan tetapi untuk aromanya tak setajam buah durian. Untuk teksturnya sendiri buah lai memiliki tekstur buah yang lebih padat dibandingkan dengan durian.

Fada (23) selaku penjual buah asli Kalimantan ini mengatakan bahwa ia  tertarik menjual buah ini karena melihat peluang, menurutnya di daerah Tuban dan sekitarnya masih jarang bahkan bisa dikatakan belum ada penjual buah cempedak dan lai.

“Terpikir berjualan buah ini karena memanfaatkan peluang, di Kabupaten Tuban sendiri belum saya jumpai ada penjual buah cempedak dan buah lai,” ujarnya.

Bahkan ia memaparkan kalau buah cempedak dan buah lai yang ia jual didatangkan langsung dari pulau Kalimantan. Beberapa pelanggan yang datang ke lapaknya biasanya merupakan orang yang pernah bekerja di Kalimantan atau memang orang Kalimantan yang pindah ke Tuban.

Iya mulai berjualan dari pukul 10.00 wib hingga pukul 18.00 Wib. Dalam satu hari ia bisa menghabiskan 3 kuintal buah, untuk harga sendiri buah cempedak dan buah lai tergolong ramah di kantong. Untuk 1 kilo buat cempedak dihargai Rp30.000, sedangkan untuk buah lai per bijinya dijual dengan harga Rp35.000.

Sedangkan untuk pembeli yang ingin membeli buah ini dan ingin langsung memakannya, di sini juga tersedia buah cempedak dan buah lai yang sudah dikupas dan tinggal memakan saja.

Crisma (29) salah satu pembeli buat cempedak mengatakan bahwa ia sebelumnya sudah pernah merasakan buat cempedak saat ia masih di Sumatera.

“Saya asli Sumatera sebelumnya saya sudah pernah makan buah cempedak dan saya mengetahui di Tuban ada penjual buah cempedak saya lantas tertarik untuk membeli buah cempedak. Karena sebelumnya saya belum pernah temui ada penjual buah cempedak di Kabupaten Tuban,” ungkapnya.

Menurutnya buah cempedak memiliki rasa yang mantap serta cempedak memiliki ciri khas rasa yang manis dan lembut.

Mungkin bagi Anda yang  penasaran dengan rasa buah asli Kalimantan ini, bisa datang langsung ke jalan Prof. Dr. KH Fathurrahman Kafrawi Merakurak tepatnya di sebelah barat pom bensin mulung Kecamatan Merakurak.[Nur/Dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS 

Tag : cempedak dan lai, buah asli kalimantan, tuban, kuliner tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 07 February 2023 10:00

    Membangun Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat

    Membangun Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat Manusia merupakan makhluk sebagai pelaku utama di dalam yang namanya lingkungan, dimana manusia tidak lepas dari kebutuhan untuk hidup dan tergantung dari kondisi lingkungan tempat dimana ia berada....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat