11:00 . Resep Membuat Keripik Kaca Daun Jeruk   |   10:00 . Membangun Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat   |   09:00 . Harga Emas Antam Hari ini 7 Februari 2023 Pecahan Terendah di Harga Rp558.500   |   08:00 . Teks Doa Peringati 1 Abad Nu oleh Gus Mus   |   07:00 . Kumpulan Ucapan Harlah NU ke 100 Tahun yang Simpel dan Bermakna   |   06:00 . Lirik dan Chord Lagu Kehilanganmu Berat Bagiku - Kangen Band   |   06:00 . TPPI Perkuat Sinergi Media Tuban untuk Keberlangsungan Operasi Kilang   |   22:00 . Sektor Pertanian Dominasi Lapangan Pekerjaan di Kabupaten Tuban   |   21:00 . Kondisi Sekitar Lokasi Stadion Gelora Delta Sidoarjo Pasca Hujan   |   20:00 . Pemuda di Tuban Nekat Curi Sparepart Alat Berat Pembakaran Gamping Senilai Rp200 Juta   |   19:30 . Cukup Sekali Klik, Ini Link Live Streaming Puncak Resepsi 1 Abad NU   |   19:00 . Banjir Masih Dominasi Bencana di Tuban   |   18:30 . 12 Ribu Banser di Sidoarjo Matangkan Koreografi di Bawah Rintikan Hujan   |   18:00 . Ikuti Cabai, Harga Minyak Curah, Telur hingga Bawang Putih di Tuban Naik   |   17:00 . Anggap Kebebasan Pers Selesai, Presiden akan Keluarkan Perpres Media Sustainability   |  
Tue, 07 February 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

3 Julukan Populer untuk Tuban yang Wajib Diketahui

bloktuban.com | Saturday, 07 January 2023 13:00

3 Julukan Populer untuk Tuban yang Wajib Diketahui Gua Kancing terletak di Desa Prunggahan Kulon, Kecamatan Semanding.

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Setiap daerah memiliki julukan unik. Julukan kerap diberikan berdasarkan potensi maupun kekayaan daerah tersebut yang paling populer. 

Seperti halnya, Kabupaten Tuban yang secara adminstratif masuk wilayah Provinsi Jawa Timur. Daerah yang berada di pesisir Laut Jawa Timur ujung barat itu, memiliki 3 julukan yang paling terkenal. 

Memiliki panjang pantai 65 Kilometer dengan luas wilayah kurang lebih 1.904,70 km², Tuban dikenal dengan Kota Wali. Julukan tersebut lebih familiar saat Tuban memiliki tagline Bumi Wali. 

 

1. Kota Wali 

Tuban disebut sebagai Kota Wali karena Tuban adalah salah satu kota di Jawa yang menjadi pusat penyebaran ajaran Agama Islam.

Beberapa obyek wisata di Tuban yang banyak dikunjungi wisatawan adalah Makam Wali, contohnya Sunan Bonang, Makam Syeh Maulana Ibrahim Asmaraqandi (Palang), Sunan Bejagung dll. 

 

2. Kota Seribu Gua 

Tak hanya diberkati para ulama, Tuban juga memiliki julukan Kota Seribu Gua. Julukan ini bukan isapan jempol, karena secara wilayah Tuban berada di jajaran Pegunungan Kendeng Utara, sehingga tak heran banyak gua bawah tanah yang ditemukan. Diantara gua yang terkenal yaitu, Gua Akbar, Gua Putri Asih, Gua Suci, Gua Kancing, Gua Ngerong, dan masih banya lagi. 

 

3. Kota Tuak 

Julukan ketiga yaitu Kota tuak. Julukan ini disematkan untuk Tuban, karena memiliki potensi pohon siwalan yang melimpah. Minuman hasil fermentasi getah pohon siwalan itu, diproduksi harian dan puncaknya di musim kemarau. 

Selain minuman tuak, Tuban juga terkenal dengan minuman legen dan siwalan. Keduanya kerap menjadi buah tangan bagi pengunjung yang singgah ke Tuban. 

Baca juga:

Pesona Wisata Rumpun Bambu Tuban, Padukan Sumber Air dan Pegunungan Kapur

Dilansir dari Tubankab, Tuban terletak di tepi pantai pulau Jawa bagian utara, dengan batas-batas wilayah: utara laut Jawa, sebelah timur Lamongan, sebelah selatan Bojonegoro, dan barat Rembang dan Blora Jawa Tengah.

Penduduk Kabupaten Tuban bermata pencaharian dari bercocok tanam atau bekerja di bidang pertanian sedangkan sisanya merupakan nelayan, perdagangan dan pegawai negeri. Potensi ekonomi yang dimiliki Kabupaten Tuban sangat beraneka ragam sumbernya. 

Selama ini potensi ekonomi yang telah dikembangkan di Kabupaten Tuban antara lain, tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, perikanan, peternakan, kayu pertukangan dan kayu bakar, industri pengolahan besar dan sedang, industri kecil dan kerajinan rumah tangga, perdagangan, hotel dan restoran, hasil tambang, pariwisata.

Sektor unggulan yang dimiliki Kabupaten Tuban yaitu sektor pertanian khususnya tanaman pangan. Dari sektor pertanian tanaman pangan, padi merupakan komoditas yang paling diunggulkan dari ketiga komoditas lainya yaitu jagung, kacang tanah dan ubi kayu. 

Potensi yang bisa ditingkatkan perkembanganya selain sektor tanaman pangan antara lain pertambangan dolmit, minyak dan gas bumi, pariwisata dan potensi besar lainya yaitu pelabuhan laut.

Kebudayaan asli Tuban beragam, salah satunya adalah sandur. Budaya lainnya adalah Reog yang banyak ditemui di Kecamatan Jatirogo. Namun, ada hal menarik ketika memperingati Haul Sunan Bonang, dimana ribuan umat muslim dari seluruh Indonesia tumpah ruah memadatai kota khususnya kompleks pemakaman Sunan Bonang. 

Ada juga Ulang Tahun Klenteng Kwan Sing Bio yang sudah masuk dalam agenda kota dan ada juga sedekah bumi bagi masyarakat pesisir. [Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS 

 

Tag : # Julukan Tuban, # Tuban Kota Wali, # Tuban Kota Seribu Gua, # Tuban Kota Tuak, # Blok Tuban, # Kabupaten Tuban, # Berita Tuban, # Tuban Hari Ini



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 07 February 2023 10:00

    Membangun Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat

    Membangun Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat Manusia merupakan makhluk sebagai pelaku utama di dalam yang namanya lingkungan, dimana manusia tidak lepas dari kebutuhan untuk hidup dan tergantung dari kondisi lingkungan tempat dimana ia berada....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat