Penyuka Terasi dan Petis Ikan Enak Wajib Mampir di Kampung Pesisir Tuban

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Jika kalian datang atau hendak berwisata ke Kabupaten Tuban, dan kebetulan melintasi Jalan Raya Raya Dandels tak ada salahnya untuk mampir di pusat oleh-oleh kampung pesisir.

Pusat oleh-oleh kampung pesisir terletak di Jl. Raya Dandeles No.93, Desa Karangagung, Kecamatan Palang Kabupaten Tuban di lokasi ini terdapat berbagai macam produk-produk khas Kabupaten Tuban, dan kurang lebih terdapat 300-an produk yang dijajakan, dari berbagai macam olahan laut yang ada di Kabupaten Tuban.

Di sini, mereka menampung berbagai macam produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang ada di Kabupaten Tuban. Mulai dari olahan laut sampai dengan olahan kebun, dan yang menjadi primadona di toko ini ialah petis dan terasinya.

“Salah satu produk unggulan kita dan mungkin hanya bisa ditemui di Tuban yaitu salah satunya petis dari ikan  selain petis juga ada terasi yang rasanya enak dan berbeda dari terasi-terasi yang ada di kota-kota lain,” ujar Ali Mansyur pengelola pusat oleh-oleh kampung pesisir kepada blokTuban.com, Minggu (1/1/2023).

Petis ikan, lanjutnya merupakan hasil olahan dari masyarakat Karang Agung yang terbuat dari ikan pindang yang nantinya akan melalui beberapa proses agar bisa menjadi sebuah produk petis. Sedangkan untuk terasi mereka menggunakan udang rebon pilihan.

“Kami rekomendasikan terasi dan petis untuk di beli karena ini merupakan produk khas Tuban karena rasanya tak ada tandingannya,” ujar pria ramah ini.

Selain dua produk tersebut, masih banyak juga berbagai produk-produk yang ditawarkan di gerai ini seperti berbagai olahan kerupuk dari ikan, berbagai olahan ikan asin, cumi, serta ada beberapa juga produk-produk seperti batik Tuban, miniatur ongkek, serta miniatur kapal juga ada di lokasi ini.

"Harga yang kami tawarkan di pusat oleh-oleh Karang Agung sendiri juga relatif ramah di kantong. Untuk olahan makanan di gerai ini mulai dari harga Rp10.000 dapat 3 sampai Rp. 30.000 ribu ada di sini," tambahnya.

Untuk datang ke lokasi ini juga letaknya cukup strategis. Jika dari arah Tuban dan sampai di Jl. Raya Dandeles No.93 atau orang menyebutnya Alun-alun Karangagung, kalian akan menemukan toko dengan tulisan pusat oleh-oleh kampung pesisir di  sebelah kiri jalan. Area toko juga tergolong nyaman dikarenakan parkir untuk kendaraan roda empat maupun roda dua sangat luas. [Nur/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS