Segera Dibangun, Ini Bocoran Lelang Tol Demak-Tuban

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Proyek tol Demak-Tuban sangat dinanti oleh semua pihak, khususnya masyarakat di Kabupaten Demak, Jawa Tengah dan Tuban, Jawa Timur. Tol Demak-Tuban telah dikabarkan bakal dibangun dan bocoran lelangnya telah ramai di publik. 

Kabar lelang tol tersebut disampaikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono. Saat ini, proyek jalan tol Demak-Tuban masih dalam perencanaan dan siap ditenderkan pada 2023 mendatang. 

"Demak-Tuban memang sudah selesai FS-nya (Feasibility Study/ studi kelayakan) sedang dalam penyesuaian Amdal (Analisis Dampak Lingkungan) kalau sudah Penlok (Penentuan Lokasi) langsung ditenderkan 2023 ini," kata Basuki dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi V, dikutip dari situs CNBC, Kamis (1/12/2022.

"Kami sedang susun amdal dan penlok dan Insya Allah pada 2023 Kuartal 2 atau Kuartal 3 akan dilelang," tambahnya.

Baca Juga :

- Asal Usul Masjid Desa Bektiharjo Tuban yang Bakal Tergusur Tol Demak-Tuban, Hati Kecil Warga Belum Rela

- Pasrah SMAN 1 Plumpang Terancam Digusur Tol Demak-Tuban, Kepsek : Saya Percaya Pemerintah

- Terancam Tergusur Proyek Tol Demak-Tuban, Begini Sejarah SMAN 1 Plumpang yang Berstatus Akreditasi A

 

Mengutip Laman Simpul KPBU Kementerian PUPR, tol ini direncanakan akan dibangun sepanjang 176,99 kilometer dengan 2 junction dan 3 interchange. Tol yang terhubung dengan tol Semarang-Demak ini juga telah tercantum dalam RTRW Provinsi Jawa Tengah. Perkiraan biaya investasi mencapai Rp 28,81 triliun dengan masa konsesi selama 50 tahun.

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Tuban pada Rabu (24/8) lalu memfasilitasi konsultasi publik dalam rangka penyusunan dokumen AMDAL proyek Tol Demak-Tuban di Gedung KSPKP Tuban. 

Pada 16 Februari 2022 di gedung yang sama juga digelar konsultasi publik proyek tol Demak-Tuban. Tercatat total ada 35 desa di mana sembilan desa di Kecamatan Bancar bakal dilalui proyek tol. Di Kecamatan Kerek ada sembilan desa, tujuh desa di Kecamatan Merakurak, enam desa di Kecamatan Semanding, dan empat desa di Kecamatan Tambakboyo.

Sementara itu, tol Ngawi-Bojonegoro-Tuban hanya melewati enam desa di satu kecamatan di Kabupaten Tuban. Sebagai lintas tol menghubungkan daerah Ngawi, Bojonegoro, Tuban, dan Lamongan.

Data yang dihimpun blokTuban.com, bangunan yang diprediksi terguyur proyek tol yaitu SMAN 1 Plumpang, Masjid Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, dan kawasan wisata Banyulangseh Tuban. [Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS