Daftar Desa di Tuban Kebanjiran Dampak Luapan Kali Kening, Warga Mulai Dievakuasi

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Hujan lebat dalam kurun waktu beberapa hari terakhir di Kabupaten Tuban menyebabkan banjir di sejumlah wilayah. Ada beberapa desa yang kebanjiran, akibat luapan Kali Kening di Tuban selatan, Kamis (1/12/2022). 

Anak Sungai Bengawan Solo yang memiliki hulu di Rembang dan Blora Jawa Tengah itu, tak mampu membendung debit air kiriman yang besar. Perkembangan banjir yang semakin meluas dan parah, para warga pun kini mulai dievakuasi. 

Keterangan dari Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban, Sudarmaji kepada wartawan, bahwa Kali Kening yang meluap yang disebabkan curah hujan di wilayah Blora dan Pati dan Rembang, Jawa Tengah.

"Saat ini petugas BPBD masih melakukan evakuasi terhadap korban banjir di wilayah Parengan. Wilayah ini menjadi daerah yang mengalami banjir cukup parah," ujar Sudarmaji. 

Sudarmaji sendiri mengaku masih belum tahu betapa jumlah rumah yang terendam banjir. Sebab, saat ini petugas masih fokus mengevakuasi warga yang berada di Desa Cengkong, Desa Brangkal dan lainnya. Warga yang terdampak banjir kini diungsikan ke sanak keluarga yang rumahnya lebih aman.

Baca Juga :

- Tanah Longsor di Wilayah Tuban Selatan, Camat Senori: Segera Diperbaiki

- Nikah di Tengah Banjir, Pengantin Asal Bojonegoro Viral di Medsos

- Sejumlah Wilayah Lamongan Terendam Banjir Akibat Tanggul Sungai Mengkuli Jebol

 

"Masih kita lakukan inventarisir dan kami masih fokus mengevakuasi korban ke tempat yang lebih aman dari banjir. Mereka kita evakuasi ke sanak keluarga terdekat," jelasnya.

Sedangkan, Kades Selogabus, Idrus Rasyidi menerangkan, wilayahnya menjadi salah satu wilayah yang kebanjiran dampak luapan Kali Kening. Rendahnya geografis wilayah, membuat banjir sudah setinggi satu meter menggenangi pemukiman warga. 

"Untuk Dusun Pulo. Desa Selogabus saat ini, ada sekitar 175 KK. Namun warga masih memilih bertahan untuk selamatkan hewan ternak dan harta benda," sambungnya. 

Idrus mengatakan desanya mulai kemasukan air luapan Kali Kening sejak pagi sekitar pukul 08.00 WIB. Air kemudian terus meninggi dan semakin tinggi genangannya saat sore hari. Warga hingga saat ini masih bertahan di rumah dan rencananya pihak pemdes akan memberikan bantuan makanan malam nanti untuk dibagikan kepada warga yang terdampak.

"Ini rencananya akan mendirikan dapur umum, agar nanti bisa dikirim makanan jadi ke lokasi banjir. Di Pulo kita tidak bisa pakai motor atau mobil, harus jalan karena sudah tinggi airnya," jelasnya. 

Berikut ini daftar desa yang kebanjiran dampak luapan Kali Kening:

 

A. Di Kecamatan Parengan 

1. Brangkal

2. Kumpolrejo

3. Cengkong

4. Margosari

5. Sembungrejo

6. Parangbatu

7. Suciharjo 

8. Selogabus. 

 

B. Di Kecamatan Jatirogo

1. Sugihan 

 

C. Di Kecamatan Kenduruan 

1. Sidorejo 

 

D. Kecamatan Bangilan

1. Kedungjambangan

 

[Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS